Pengukuhan Satgas Saber Pungli Kota Malang

Layanan Publik Tanpa Pungli, Investasi Diharapkan Meningkat

Wali Kota Malang, HM Anton.
Wali Kota Malang, HM Anton.

MALANGVOICE – Wali Kota Malang, HM Anton, menilai, keberadaan Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) memunculkan banyak dampak positif. Dalam pegukuhan di Ruang Sidang Balai Kota, Senin (9/1), dikatakannya, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik merupakan sendi penting kehidupan bernegara.

“Pembentukan Satgas Saber Pungli amat diperlukan untuk hilangkan praktik Pungli. Segera jalankan kepercayaan ini, bukan hanya laksanakan tugas profesional tapi dibarengi integritas tinggi,” imbuhnya.

Suami Hj Dewi Farida Suryani itu menambahkan, tanpa Pungli, kepercayaan masyarakat pada pemerintah akan semakin meningkat dan proses pembangunan berjalan baik. “Terutama kepercayaan ini membuat tren investasi meningkat,” lanjutnya.

Anton menegaskan, semua pihak harus bergandeng tangan membangun sistem pencegahan Pungli sebaik mungkin. Langkah yang bisa dilakukan, antara lain mengumpulkan data dan informasi, koordinasi perencanaan dan operasi Pungli atau operasi tangkap tangan.

“Harus ada peran serta seluruh elemen masyarakat, berupa pengaduan, pelaporan, dan pemberian informasi. Untuk dinas pelayanan publik, komitmen atas prosedur pelayanan harus maksimal dan menggencarkan inovasi teknologi informasi serta kemudahan bagi masyarakat,” pungkasnya.