Launching Kelas Industri, SMK PGRI 3 Malang Buktikan Lulusan SMK Bukan Penyumbang Pengangguran

Kepala SMK PGRI 3 Malang, Lukman Hakim. (Lisdyashelly)
Article top ad

MALANGVOICE – SMK PGRI 3 Malang melaunching kelas industri baru yang bernama YMPI (Yamaha Musical Products Indonesia) Class, Sabtu (13/4).

Launching kelas industri ini, dikatakan Kepala SMK PGRI 3 Malang, Lukman Hakim, merupakan salah satu upaya untuk mengubah fakta bahwa lulusan SMK memberikan sumbangan pengangguran terbanyak.

“Dengan ini, kami dapat meyakinkan masyarakat bahwa dengan sekolah di SMK, siswa mendapatkan kompetensi yang diharapkan oleh perusahaan,” katanya kepada awak media.

“Nanti kelas-kelas industri di SMK PGRI 3 akan ditambah secara bertahap,” tambahnya.

Tak hanya itu, SMK PGRI 3 juga menerapkan pembelajaran teaching factory, yakni model pembelajaran berbasis produksi atau jasa yang mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industri dan dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan SMK Provinsi Jawa Timur, Suhartono berharap semua SMK di Jawa Timur menerapkan teaching factory.

“Teaching factory itu konsepnya adalah untuk membelajarkan anak yang belajar real dalam dunia industri. Jadi, saat sudah lulus, anak-anak sudah siap, sudah nggak canggung lagi” pungkasnya. (Der/Ulm)