Lanud Abd Saleh Terbangkan Hercules untuk Kirim Bantuan ke Lombok

Article top ad

MALANGVOICE – Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Abd Saleh Malang, mengirim bantuan ke Lombok, NTB menggunakan pesawat jenis Hercules C 130 A 1336. Pesawat tersebut membawa misi membantu proses distribusi bantuan bagi korban gempa Lombok yang berkekuatan 7 SR.

Komandan Lanud Abd. Saleh, Marsma TNI Andi Wijaya, mengatakan, pesawat jenis angkut ini diterbangkan (take off) dari Lanud Abd Saleh pada pukul 07.30 WIB menuju Lombok, Senin (6/8).

Selain mengangkut 64 personel Batalyon Kesehatan 2 Kostrad Malang, juga untuk mengangkut bantuan obat-obatan, makanan, minuman, tenda, dan, genset.

“Pagi tadi pesawat yang berangkat ke Lombok dengan membawa barang serta orang dengan berat semua sekitar 8 ton, pesawat ini secara khusus disiagakan untuk menangani bantuan gempa Lombok,” ungkapnya.

Bahkan tidak satu pesawat, lanjut Danlanud, pesawat Hercules lainnya yang ada di Lanud Abd Saleh juga disiagakan penuh untuk membantu penanganan korban gempa Lombok. Namun semuanya berangkat sesuai dengan perintah serta komando atas.

“Mari kita doakan bersama, semoga proses bantuan serta evakuasi, semua berjalan dengan aman dan lancar, serta diberi kekuatan dan perlindungan bagi korban musibah gempa,” tegasnya

Sementara itu anggota PMI Kabupaten Malang, Aprillijanto mengatakan, pihaknya saat ini sedang lakukan rapat koordinasi terkait bencana gempa Lombok. Namun pihaknya sudah melakukan penugasan, satu orang untuk berangkat ke Lombok.

“Kami sudah menugaskan satu orang. Namun, kalau memang ada penugasan nantinya kami akan kirim tim medis sebanyak 8 orang, seperti saat bencana Gunung Agung meletus,” jelasnya.(Der/Ak)