Lanud Abd Saleh Sumbangkan Pesawat ke Museum Mandala

Perakitan pesawat Cessna. (istimewa)
Perakitan pesawat Cessna. (istimewa)

MALANGVOICE – Lanud Abd Saleh berencana menyumbang beberapa koleksi pesawat, salah satunya model Cessna dengan nomor A-4014 ke museum Mandala Yogyakarta. Pesawat itu akan diterbangkan menggunakan pesawat Hercules pada Rabu (26/7).

Saat ini pesawat Cessna masih berada di museum Sulaksono Malang. Penyumbangan itu dilakukan karena dirasa mempunyai nilai sejarah dan butuh perawatan intensif. Pembongkaran dan perakitan pesawat Cessna dilaksanakan teknisi dari Skatek 022 lanud Abd Saleh.

“Sesuai perintah Kasau, Lanud Abd saleh akan menyumbangkan tiga pesawat yaitu Pesawat Cessna ini, pesawat Avia dan pesawat Mig 18”. Jelas Komandan Skatek 022 Lekol Tek Sidik Dhani.

BNN Kota Malang

Pesawat Cessna A-4014 merupakan kekuatan Skadron udara 4 bersama pesawat ringan Auster, Piper Cup, Cesna-180 dan AT-6G Harvard. Pada awal 1960-an, Skadron 4 dinon aktifkan namun secara resmi belum dibubarkan.

Berdasarkan Keputusan Kasau Nomor Kep/02/I/1985 tanggal 17 Januari 1985, Skadron Udara 4 Pengintai Darat diaktifkan kembali dengan nama Skadron Udara 4 Angkut Ringan yang bermarkas di Lanud Abd Saleh, Malang dengan kekuatan Cassa 212 seri 100 dan 200, Cessna 401/402, SC-7 Skyvan, dan C-47 Dakota serta pesawat terbang lain yang digolongkan sebagai pesawat angkut ringan, termasuk yang berstatus titipan dari departemen di luar TNI AU.

Menurut informasi yang didapat dari rilis resmi, pesawat ini juga pernah digunakan Kasau Marsma TNI Hadi Tjahjanto, saat masih berada di Skadron 4 Lanud Abd Saleh. Pesawat ini digunakan flying classroom dalam mendidik siswa navigator dan siswa instruktur navigator pada masa pendidikan di Skadron Udara 4.


Reporter: Deny Rahmawan
Editor: Deny Rahmawan
Publisher: Yunus Zakaria