Kunjungi Parang Tejo, Nikmati Kesegaran Air Terjun yang Tersembunyi

Air terjun Parang Tejo. (Istimewa)

MALANGVOICE – Malang memang selalu menyuguhkan destinasi wisata alam yang ciamik. Setelah sempat heboh dengan Jatim Park 3, ada lagi tempat wisata yang lagi hits. Adalah Parang Tejo, sebuah air terjun tersembunyi.

Parang Tejo berada di Dusun Princi, Desa Gadingkulon, Dau, Kabupaten Malang. Untuk menuju kesini, kamu harus menempuh jarak sekitar kurang lebih 20 km dari pusat Kota Malang. Meski melelahkan, pemandangan air terjunnya sangat indah dan mengapus rasa lelah.

Dengan ketinggian seratusan meter, air terjun Coban Parang Tejo ini memang menarik. Di sini air meluncur dengan lembut dari atas. Terlebih lagi lokasinya yang berada di lereng Gunung Butak membuat suasana liburan ke air terjun ini makin menyenangkan.

Bukan hanya air terjun, Parang Tejo juga punya berbagai spot foto yang Instagrammable lho. Pengunjung bisa puas berfoto dengan background alam dan air terjun yang mempesona

lihat link: Ayunan Maut, Spot Foto Uji Andrenalin di Parang Tejo.

Sekadar informasi, nama Parang Tejo berasal dari bahasa Jawa. Kata “parang” ini artinya tebing, dan ‘tejo’ sendiri bisa diartikan pelangi. Penamaan ini disebutkan karena terkadang muncul pelangi akibat percikan air terjun yang halus.

Soal rutenya, kamu bisa memilih dua rute ini. Yang pertama adalah berangkat dari perempatan Dieng Plaza Malang: Pergi ke arah barat – ketemu Universitas Merdeka Malang – lanjut lewat Perumahan Dieng – Pangkalan Mikrolet STL masih lanjut – jalur Kalisongo – Petungsewu – Tegalweru – setelah menemukan Pertigaan Dukuh Sempu, ambil arah ke kiri Desa Gadingkulon – Dukuh Princi – Parang Tejo.

Rute ke dua adalah berangkat dari Museum Brawijaya: Pergi lewat Jalan Bondowoso – Jalan Tidar – Jalan Puncak Mandala – Jalan Puncak Yamin – Jalan Esberg sampai ketemu Pangkalan Mikrolet AT – Dari tempat itu lanjut ke – Jalan Candi V – Desa Karangwidoro – Petungsewu Tegalweru – Setelah kamu menemukan Pertigaan Dukuh Sempu, ambil arah ke kiri Desa Gadingkulon – Dukuh Princi – Parang Tejo.

Rute ke tiga lewat jalan utama antar kota Malang-Batu: Ambil arah ke Batu hingga melewati Pemandian Sengkaling – Dari sengkaling ke barat – pertigaan Polsek Dau kiri – perempatan Semanding ke kiri – Asrama Putri Arrohmah – Dukuh Sempu lurus – Desa Gadingkulon – Dukuh Princi – Parang Tejo.

Nah, bagaimana menurutmu? Menarik bukan. Di Parang Tejo juga ada tempat untuk berkemah. (Der/Ery)