Kuatkan Mental, KONI Batu Optimistis 288 Atlet yang Berlaga di Porprov 2023 Tampil Gemilang

Para atlet Kota Batu yang berlaga di Porprov Jatim 2023 mengikuti program pembangunan mental. (MVoice/KONI Batu).

MALANGVOICE– KONI Kota Batu memberangkatkan 288 atlet beserta 69 pelatih didampingi asisten serta 40 satgas dalam ajang Porprov VIII Jatim 2023. Kontingen Kota Batu akan berpartisipasi pada 28 cabor pada event bergengsi kompetisi olahraga tingkat regional.

‘Pantang Menyerah, Optimis Juara’ menjadi jargon yang digelorakan kontingen Kota Batu untuk memotivasi para atlet agar tampil gemilang. Jargon itu sekaligus meningkatkan mental tanding di ajang Porprov 2023 yang digelar di empat daerah. Yakni Kota Sidoarjo, Kabupaten Jombang, Kota Mojokerto dan Kabupaten Mojokerto.

Pengukuhan dan pelepasan kontingen Kota Batu akan dilakukan Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai di Balai Kota Among Tani. Hal itu ditegaskan Ketua KONI Kota Batu, Sentot Ari Wahyudi. Ia mengatakan, seluruh atlet Kota Batu berangkat dengan semangat optimis juara.

“Berbagai latihan keras sudah dilakukan, tapi itu saja tidak cukup, mohon doa restu masyarakat Kota Batu agar perjuangan para atlet ini lebih mudah dalam meraih prestasi,” ujar Sentot (Kamis, 31/8).

Baca juga:
Jersey Ketiga Arema Munculkan Corak Bulu Singa Dominasi Warna Emas

Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru Polinema, Ini Pesan Direktur kepada Ribuan Mahasiswa

Jawab Tantangan Global, Kerja Sama FEB dan FISIP UMM Gelar ICHSoS 2023

Motivasi Mental Tanding Atlet Kota Batu yang Berlaga di Ajang Porprov 2023

Lebih lanjut Sentot menjelaskan bahwa sebelumnya KONI Kota Batu sudah melaksanakan berbagai kegiatan persiapan untuk atlet. Mulai dari melaksanakan puslatkot untuk atlet ring 1 (atlet peraih medali dalam Porprov VII tahun 2022) pada bulan Februari 2023 dan dilanjutkan dengan atlet ring 2 dan ring 3 pada bulan Mei hingga Agustus 2023.

“Kita juga melakukan serangkaian tes untuk mengukur kemampuan atlet, mulai dari tes VO2MAX hingga tes pengukuran fisik,” terang Sentot.

Selain penggemblengan pada aspek fisik dan teknis, para atlet yang berlaga di Porprov 2023 juga mendapatkan pembekalan melalui program pembangunan karakter. Ini guna memotivasi mental tanding para atlet. Materi yang diberikan meliputi motivasi tanding, materi berkaitan dengan psikis serta aspek spiritual.

Pada tahun 2022 lalu Kota Batu berada di ranking 17 dari 38 kota dan kabupaten di Jawa Timur. Medali yang dikoleksi sebanyak 42 medali. Rinciannya 11 medali emas, 20 medali perak dan 11 medali perunggu.

“Dengan berbagai langkah persiapan, prestasi Kontingen Kota Batu dalam Porprov Jatim tahun ini akan meningkat dibandingkan Porprov Jatim sebelumnya,” pungkas Sentot.(der)