Kram Perut dan Mudah Tersinggung, Ini Lho Cara Meredam Tanda Menstruasi

Wanita mengalami PMS. (Psyclinic.com)

MALANGVOICE – Tanda-tanda menstruasi mulai datang kerap disebut sebagai sindrom pramenstruasi atau premenstruation syndrome (PMS). Biasanya dirasakan sakit kepala, kram perut, kelelahan, tumbuh jerawat, perut kembung, serta nyeri otot. Anda juga bisa merasa mudah tersinggung, cemas, atau sedih tanpa alasan yang jelas

Menurut penjelasan dr Budiono, tanda-tanda ini biasa muncul pada 5-10 hari sebelum hari pertama menstruasi tiap bulan. Adanya gejala yang melanda fisik dan mental ini diperkirakan karena adanya perubahan hormon selama masa menstruasi

Untuk menghindari rasa nyeri, sebaiknya perhatikan pola makan yang benar pada saat menjelang menstruasi Makanlah lebih sedikit, tetapi jadikan sering. Hindari makan besar dua atau tiga kali sehari karena akan dampaknya lebih mudah meningkatkan gula darah.

“Hindari minuman bersoda dan makanan manis, seperti permen, cake, atau cemilan manis. Melonjaknya kadar gula darah justru memberi dampak buruk terhadap suasana hati. Sebaliknya, gula darah yang stabil membantu meringankan gejala-gejala tersebut,” paparnya, Rabu (25/10)

Dua minggu menjelang menstruasi, Anda juga disarankan untuk mengurangi asupan makanan atau minuman yang mengandung kafein. Efek kafein dapat meningkatkan denyut jantung sehingga berisiko meningkatkan gejala PMS, seperti rasa cemas, gelisah, serta insomnia.

Ketika tanda-tanda menstruasi mulai datang, seperti suasana hati yang tidak menentu, Anda disarankan untuk berusaha menghindari keadaan yang membuat Anda semakin stress.

“Cobalah melakukan hal-hal yang dapat membuat perasaan Anda senang, sebelum dan selama menstruasi,” tutupnya.(Der/Yei)