Kota Batu Sabet Juara I Kategori Wisata Buatan

Penghargaan anugerah wisata buatan Pemprov Jatim diterima Plt Wali Kota Batu Punjul Santoso di Surabaya. (istimewa)

MALANGVOICE – Prestasi di bidang pariwisata kembali diraih Kota Batu. Teranyar, Pemprov Jawa Timur (Jatim) menganugerahkan juara I Kategori Wisata Buatan kepada kota berjuluk De Kleine Switserland ini.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Imam Suryono, mengatakan, ada tiga kategori lomba pariwisata, yakni wisata alam, wisata budaya, dan wisata buatan. Kota Batu meraih juara I kategori wisata buatan. Tepatnya untuk destinasi wisata Batu Flower Garden di Wana Wisata Coban Rais, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu. Sekaligus menyingkirkan peserta lain dari kabupaten/kota se-Jawa Timur.

”Alhamdulillah, prestasi membanggakan ini diraih dan semoga semakin memotivasi perkembangan wisata,” kata Imam ditemui MVoice di ruang kerjanya, Selasa (21/11).

BNN Kota Malang

Keunggulan Batu Flower Garden, lanjut Imam, sangat kompleks. Selain berbagai wahana yang mengandalkan spot swafoto yang menarik, juga penting tentang pemberdayaan masyarakat.

“Ada 100 tukang kebun dan bersih-bersih dilatih secara profesional soal fotografi,” jelas Imam.

Pria juga menjabat Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM ini menambahkan, target ke depan digital tourism harus diterapkan. Sebab berfungsi untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Selain itu optimalisasi keberadaan homestay yang berkualitas juga perlu dilakukan.

“Strategi pemasaran lewat online diharapkan mampu mendongkrak jumlah kunjungan. Terutama target nasional 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019,” pungkasnya.(Der/Yei)