Komisi E DPR Provinsi jatim Nekat Kunjungi Daerah Zona Merah, Apa Tujuannya?

Suasana kunjungan Komisi E, DPR Provinsi jatim. (Toski D).
Suasana kunjungan Komisi E, DPR Provinsi jatim. (Toski D).

MALANGVOICE – Komisi E DPR Provinsi Jawa Timur, bersama anggota Komisi III DPRD Kabupaten Malang nekat kunjungi daerah sebaran Covid-19 di Kabupaten Malang, Rabu (8/4).

Wakil Ketua Komisi E DPR Provinsi Jawa Timur, Hikmah Bafaqih mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan ingin mengetahui secara langsung tentang kesiapsiagaan Pemerintah Desa (Pemdes) dalam menghadapi wabah Covid-19, khususnya untuk menyikapi para pemudik dan TKI yang datang.

“Kami Komisi E selaku yang membidangi Kesejahteraan Rakyat, dimana BPBD, Dinkes, Dinsos, merupakan mitra kami untuk penanganan Covid-19 ini,” ucapnya, saat meninjau langsung kesiapan satgas Covid-19, di Balai Desa Tirtomoyo, Pakis, Rabu (8/4).

BNN Kota Malang

Selain itu, lanjut Hikmah, kunjungan itu juga bertujuan untuk Pemerintah Desa agar memberikan edukasi pada masyarakat supaya tidak ada reaksi yang berlebihan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Seperti yang terjadi di suatu daerah, padahal berstatus ODR, lalu meninggal dan masyarakat tidak mau mengurusi pemakamannya.

” Ini mohon diperhatikan dan diwaspadai. Jangan sampai ada konflik horizontal. Masyarakat wajib diedukasi. Dan kalau bisa dimasukkan dalam protokol,” tukasnya.

Selain itu, Hikmah Bafakih juga menekankan, terait nantinya penerimaan bantuan. Pihak Pemerintah Desa untuk menyiapkan data yang jelas yang terdampak Covid-19.

“Kami berharap Pemerintah Desa menyiapkan data yang jelas. Supaya nanti data penerima bantuan yang sudah ada misalkan PKH, tidak campur aduk dengan bantuan yang terdampak Covid-19. Sambil menunggu skema bantuan yang jelas dari Pemerintah Pusat,” tegasnya.

Masih di tempat yang sama, Sri Untari juga mengungkapkan, dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini diharapkan seluruh masyarakat harus menjadi satu kesatuan gerakan.

“Semua unsur Pemerintah dan unsur relawan masyarakat harus menjadi kesatuan. Karena ini merupakan ujian, dan kami harus bergandengan tangan,” tukas Politis PDI Perjuangan ini

Sementara itu, Politikus dari Partai Nasdem Jajuk Rendra Kresna, mengimbau kepada masyarakat untuk terus mengencarkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan di masyarakat.

“Untuk mencegah penyebaran Covid-19, masyarakat harus terus meningkatkan kebersihan. Patuhi anjuran pemerintah, Pemdes juga ikut memantau tempat- tempat keramaian seperti warnet, karena anak-anak diwajibkan belajar dirumah bukan untuk berlibur dan bermain, ini untuk mencegah Covid-19,” tandasnya.(Der/Aka)