11 Tahun d’Kross

Kombinasikan Genre Punk-Ska, ‘Jomblo Ngenes’ Tembang Anyar d’Kross

d'Kross saat tampil dalam ajang Radioshow TV One. (Muhammad Choirul)
d'Kross saat tampil dalam ajang Radioshow TV One. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Diluncurkannya album baru bertajuk ‘Kembali Berpesta’ menandai kehadiran d’Kross dengan penampilan lebih segar. Ini berarti musik yang dibawakan tak lagi sama dengan album-album sebelumnya.

Kabarnya, genre punk dan corak ska bakal mewarnai album ‘Kembali Berpesta’. Front man d’Kross, Ir H Ade Herawanto MT, memastikan hal tersebut.

“Sekaligus menandai perjalanan 11 tahun d’Kross, kami ingin terus berkarya dan menampilkan sesuatu yang fresh,” lanjut Sam Ade yang juga dikenal sebagai tokoh pemuda nasional.

Sedikit bocoran, akan ada 11 track yang diusung dalam album berdesain colorfull ini. Selain hits ‘Kembali Berpesta’, sejumlah tembang anyar diyakini memberi warna baru, diantaranya ‘Best Friend Forever’, ‘Tamasya’ dan ‘Jones (Jomblo Ngenes)’.

“Lagu-lagu lain seperti Mars Arek-arek Malang’, ‘Arema e’ dan ‘Medley Chant Stadium’ juga diaransemen ulang dengan irama lebih rancak dan enerjik,” sambung Menyax, sang bassist.

Meski mengusung genre baru, bukan berati d’Kross main-main dalam mempersiapkan album ‘Kembali Berpesta’. Proses penggarapan album ini sudah dimulai sejak akhir 2016.

Dalam sejumlah aksi panggungnya belakangan ini, Yokiwuz dkk memang sudah mulai mengkolaborasi genre musik yang mereka bawakan. Hasilnya pun cukup memuaskan dan mengesankan.

Eksplorasi musik bukan barang baru bagi d’Kross. Tak cuma mengusung genre rock, punk , ska atau menjajal reggae, buktinya mereka berhasil menelurkan album religi bertajuk ‘Sholawat Bani Hasyim’ yang dibalut nuansa pshydelic rock beberapa waktu lalu.

“Untuk genre, biar fans dan para pendengar langsung yang menilainya. Kami berharap lagu-lagu di album ini bisa dinikmati berbagai kalangan,” pungkas Manajer d’Kross, Roy Hermanto.


Reporter: Muhammad Choirul Anwar
Editor: Muhammad Choirul Anwar
Publisher: Yunus Zakaria