Komandan Lanal Malang Ingatkan Dinamika Pasca Pilkada

MALANGVOICE – Komandan Lanal Malang, Kolonel Laut (E) Gendut Sugiono SH, memimpin upacara bendera 17-an di lapangan Mako Lanal Malang, diikuti prajurit dan PNS, Jumat (17/02). Pada kesempatan itu Danlanal membacakan amanat Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Ade Supandi SE MAP

Dalam amanatnya, Ade Supandi mengatakan, “Perkembangan strategis nasional sangat dinamis, terutama kerawanan pada saat dan paska Pilkada di daerah. Karena itu netralitas TNI dan kewaspadaan menghadapi situasi yang berkembang harus tetap dijaga.”

Lebih lanjut dikatakan, pada aspek ideologi telah muncul upaya pihak tertentu yang hendak mengganggu stabilitas dan keamanan dengan menyebarkan isu isu dan simbol ideologi terlarang, terutama komunis. “Karenanya kita harus senantiasa waspada sebagai benteng negara.”

BNN Kota Malang

Dikatakan juga, sesungguhnya masih banyak tambahan tugas yang harus dilaksanakan sebagai salah satu komponen utama pertahanan negara. “Untuk itu kita semua harus menjaga komitmen dan integritas, baik individu maupun secara satuan.”

Pada bagian akhir amanatnya, Kasal menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani seluruh prajurit TNI AL, yakni agar meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha esa, tingkatkan profesionalilat dengan penguasaan Iptek yang dapat
mendukung pelaksanaan tugas.

Selain itu, hendaknya menjaga soliditas TNI dan Polri serta aparat pemerintah lainnya dan masarakat luas dalam menjaga keamanan negara, terapkan Menejemen risiko dan tingkatkan purba jaga untuk mewujudkan zero accident dalam melaksanakan tugas operasi maupun pangkalan.

“Hindari penggunaan narkoba dengan menjaga diri sendiri dan keluarga, serta tetap menjaga netralitas TNI, dengan tidak berpihak pada salah satu kontestan untuk mendukung proses demokrasi yang bermartabat,” paparnya.