Kolestor Naik Setelah Konsumsi Daging? 6 Buah ini Solusinya

Ilustrasi buah-buahan penurun kolestrol (istimewa)
Ilustrasi buah-buahan penurun kolestrol (istimewa)

MALANGVOICE – Selama Hari Raya Iduladha ini, tentunya kita banyak memakan daging kurban. Seperti kita ketahui terlalu banyak mengonsumsi daging baik sapi maupun kambing bisa saja mengakibatkan kolestrol naik drastis.

Nah, melansir dari laman health.com, ada beberapa buah dinilai ampuh menurunkan atau mengatasi kolesterol setelah mengonsumsi daging. Beberapa buah ini bahkan bisa didapatkan dengan mudah di sekitar kita.

Berikut MVoice merangkum buah yang bisa menurunkan kadar kolesterol tubuh setelah hari raya kurban yang wajib dikonsumsi.

BNN Kota Malang

1. Semangka

Buah ini dinilai tak hanya mengatasi kolesterol, tapi juga bisa menutrisi tubuh dengan baik. Sain jtu juga kaya akan kandungan air sehingga mampu menghidrasi tubuh dengan sangat baik. Jangan lewatkan untuk konsumsi buah semangka untuk mengimbangi konsumsi daging.

2. Apel

Buah Apel terutama kulitnya mengandung pektin serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol. Lantaran pektin dinilai mampu bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus untuk dibawa keluar tubuh lewat urin dan feses.

Apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan. Terlebih, serat apel memberikan rasa kenyang yang lama sehingga Anda dapat menghindari ngidam makan makanan yang tidak sehat.

3. Jeruk

Buah yang identik dengan rasa asam ini merupakan buah paling baik menurunkan kolesterol secara alami. Baik itu jeruk keprok, jeruk mandarin, jeruk bali, maupun jeruk nipis.

Tak hanya itu saja, buah asam ini diyakini mengandung hesperidin senyawa yang mampu menurunkan gejala hipertensi. Kemudian senyawa pektin di dalamnya juga mampu mengurangi risiko aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah.

4. Pepaya

Pepaya memiliki kalori rendah dengan serat tinggi yang mampu menyerap kolesterol jahat di dalam darah untuk dikeluarkan dari tubuh sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol alami.

5. Pisang

Buah pisang mengandung kalsium, magnesium dan potasium yang sangat baik dalam mengendalikan tekanan darah dalam tubuh. Pisang juga mengandung berbagai nutrisi yang baik menurunkan kolesterol akibat konsumsi daging.(Der/Aka)