06 February 2023
06 February 2023
22 C
Malang
ad space

Kodim 0818 Siapkan Rusunawa UB untuk Isolasi Pasien Terpapar Covid-19

MALANGVOICE – Komando Distrik Militer (Kodim) 0818/Kabupaten Malang-Kota Batu meminjam Rumah Susun Sewa (Rusunawa) mahasiswa Universitas Brawijaya (UB), Malang, Senin (26/7).

Komandan Kodim 0818/Kabupaten Malang-Kota Batu, Letkol Inf Yusub Dody Sandra menyampaikan, pihaknya bekerja sama dengan UB untuk menyediakan ruang isolasi.

Tujuan peminjaman Rusunawa UB ini untuk mengantisipasi adanya ledakan kasus Covid-19 di wilayah di kabupaten Malang dan Kota Batu, Kodim 0818

“Kami berupaya untuk menyiapkan tambahan untuk tempat tidur untuk isolasi (Safe House), jika terjadi lonjakan kasus Covid-19,” ucapnya, saat dikonfirmasi usai meninjau Rusunawa Mahasiswa UB, di Fakultas kedokteran Hewan (FKH-UB) Dusun Sumberjo, Desa Kalisongo, Kecamatan Dau, Senin (26/7).

Menurut Yusub, persiapan ruang isolasi atau safe house tersebut dilakukan berdasarkan Instruksi Presiden Joko Widodo agar tidak ada lagi pasien yang terpapar Covid-19 melakukan isolasi mandiri (Isoman) di rumah masing-masing.

Dengan ditempatkan di safe house, penanganan pasien Covid-29 bisa terpusat dan kondisi mereka dapat terpantau.

“Di Rusunawa UB ini terdapat 56 kamar sehingga bisa jadi tempat Isolasi Terpusat, dan dapat mengurangi risiko penyebaran covid-19,” jelasnya.

Yusub meyakini, safe house di Rusunawa UB ini dapat memaksimalkan penanganan pasien yang terpapar Covid-19, karena telah tersedia dokter dan nakes yang menangani.

“Diharapkan tingkat kesembuhan bagi pasien terkonfirmasi positif Covid 19 dapat meningkat sehingga mengurangi risiko penyebaran Covid-19. Ini alternatif-alternatif yang bisa dilakukan untuk menekan kasus Covid-19, termasuk meringankan beban RS rujukan,” tandasnya.(end)

Berita Terkini

Arikel Terkait