Kenali Penyebab Sulit BAB dan Cara Mencegahnya

ilustrasi. (NetDoctor)

MALANGVOICE – Sembelit atau susah buang air besar (BAB) adalah hal biasa. Namun, masalah pencernaan ini jangan disepelehkan, loh. Bisa jadi sembelit dikarenakan banyak hal tanpa kita sadari.

Nah, MVoice sudah melansir dari healthyline, berikut penyebab BAB dan cara mengobatinya.

1. Konsumsi Obat

BNN Kota Malang

Mengonsumsi obat-obatan tertentu dapat menimbulkan efek samping berupa susah BAB. Obat-obatan tersebut bisa meliputi suplemen kalsium, suplemen zat besi, obat antiepilepsi, antidepresan, antipsikotik, obat-obatan diuretik, serta obat pereda nyeri golongan narkotik, seperti kodein dan morfin.

2. Gaya Hidup

Pola makan tidak sehat, sering mengonsumsi junk food. Serta kekurangan serat dan cairan, dapat memicu terjadinya konstipasi (sembelit). Selain itu, perubahan pola makan dan terlalu banyak mengonsumsi produk olahan susu juga bisa menyebabkan susah buang air besar.

3. Kondisi Psikologis

Kesulitan BAB bisa terjadi pada mereka yang memiliki masalah psikis, seperti stres, kecemasan, depresi, trauma kekerasan, atau pelecehan seksual.

Untuk Anda yang memiliki masalah BAB, Anda bisa melakukan cara-cara berikut ini.

1. Perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi dan melunakkan tekstur tinja.

2. Perbanyak mengonsumsi serat, setidaknya 18-30 gram per hari. Serat bisa didapat dari buah-buahan, sayuran, ataupun sereal dan kacang-kacangan.

3. Jangan menunda untuk buang air besar ketika merasa butuh dan mendesak untuk melakukannya. (Der/Ulm)