Kemendikbud Minta Jurusan yang Tak Diminati Diganti Jurusan Baru

Dirjen Dikdasmen Kemendikbud, Hamid Muhammad. (Lisdya Shelly)
Article top ad

MALANGVOICE – Sesuai dengan perkembangan zaman, dan mengikuti era revolusi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta kepada kepala sekolah untuk mengevaluasi jurusan yang dinilai sudah out of date, atau sudah tidak diminati.

Jurusan tersebut di antaranya adalah Administrasi Perkantoran (APK) dan Akuntansi (AK). Hal ini diungkapkan oleh Dirjen Dikdasmen Kemendikbud, Hamid Muhammad.

“Saat ini sudah tidak ada yang minat, kalau di Indonesia Timur kemungkinan masih ada. Sekarang banyak perusahaan yang mencari pegawai lulusan APK dan AK itu minimal harus D3,” katanya belum lama ini.

Untuk menggantikan jurusan tersebut, Kemendikbud telah membuka jurusan-jurusan baru. Dua di antaranya adalah E-Commerce dan Logistik

“Ada empat jurusan baru yang kemarin kamk buka. Ada jurusan e-commerce dan logistik. Dua lainnya saya lupa,” tambahnya.

Dikatakan Hamid, nantinya jurusan E-Commerce bakal berfokus pada bagaimana memanfaatkan konsep marketing, strategi bisnis, ekonomi dan computer science untuk mengembangkan sebuah bisnis menggunakan internet dan juga teknologi informasi.

“Kan saat ini musimnya jual beli online. Makanya kami buka jurusan e-commerce,” tegasnya.

Sedangkan untuk jurusan logistik, yakni mempelajari terkait perencanaan dan management aliran barang dan pemasok, perusahaan, hingga barang diterima oleh konsumen.

“Dengan berkembangnya
toko online, maka pasti perlu logistik. Kami buka jurusan untuk mempelajari pengiriman. itu yang banyak sekali dibutuhkan,” pungkasnya.(Der/Aka)