Kemendikbud Kaji Penerapan Pelajaran PMP

Mendikbud, Muhadjir Effendy saat ditemui wartawan, Jumat (30/11). (Istimewa)
Article top ad

MALANGVOICE – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sedang melakukan pengkajian untuk menerapkan mata pelajaran PMP (Pendidikan Moral Pancasila) mulai 2019.

Mendikbud, Muhadjir Effendy menjelaskan, dalam penerapan PMP dimulai dari penanaman nilai-nilai, selanjutnya akan ada turunannya menjadi etika. Kemudian diturunkan lagi menjadi norma, dan diturunkan lagi menjadi perilaku.

“Misalkan musyawarah atau menghargai pendapat orang lain sudah ditanamkan sejak di TK,” terangnya saat ditemui wartawan di Universitas Muhammadiyah Malang, Jumat (30/11).

Dia menambahkan, dalam penerapan nilai-nilai Pancasila, jika ditambahkan dengan moral maka menjadi lebih spesifik penerapannya, yaitu penanaman nilai.

Dia mengajak berbagai pihak untuk memberikan masukkan dalam penerapan Pendidikan Moral Pancasila. Rencananya PMP diterapkan di tahun 2019, dengan kajian yang matang, dan masukkan dari berbagai pihak, serta mengikuti perkembangan zaman.

“Kami berupaya untuk mengajak berbagai pihak termasuk sumber daya kepakaran pendidikan dari perguruan tinggi,” pungkasnya.

Muhadjir berharap, PMP dapat benar-benar diterapkan 2019 nanti. Supaya materi PMO nantinya mengikuti pula dengan perkembangan dan tantangan zaman. (Der/Ulm)