Kembangkan Sektor Wisata, Disparta Bakal Kumpulkan Kades dan Lurah se-Kota

Plt Kepala Disparta Kota Batu Imam Suryono. (Aziz / MVoice)
Plt Kepala Disparta Kota Batu Imam Suryono. (Aziz / MVoice)

MALANGVOICE – Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu bakal kumpulkan seluruh kepala desa (kades) dan lurah. Total 19 desa dan 5 kelurahan yang ada di kota berjuluk De Klein Switzerland ini.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disparta Kota Batu Imam Suryono membenarkan jika agenda tersebut bakal digelar dalam waktu dekat ini. Topik pembahasannya tidak lain untuk mengembangkan potensi pariwisata di setiap desa dan kelurahan.

“Iya, ke depan kami ingin mengembangkan desa wisata. Dalam waktu dekat kumpulkan kades harapannya ada paket wisata di masing-masing wilayahnya,” kata Imam kepada MVoice.

BNN Kota Malang

Program desa wisata, lanjut dia, merupakan implementasi dari visi dan misi Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko tentang Desa Berdaya Kota Berjaya. Dicontohkannya paket wisata desa seperti sentra tanaman hias dan bunga di Sidomulyo.

“Juga di Desa Gunungsari ada petik mawar dan Gua Pandawa. Destinasi wisata desa seperti itu yang sekarang menjadi tren,” sambung Imam.

Dengan pengembangan dan inovasi, bukan tidak mungkin roda perekonomian masyarakat berjalan meningkat. Sebab menggunakan sistem pemberdayaan warga setempat.

“Maka tujuan untuk pembukaan lapangan pekerjaan dan penurunan angka pengangguran dapat tercapai,” tutup pria juga menjabat Staf Ahli Pemkot Batu ini. (Hmz/Ulm)