Kota Malang Memilih Pemimpin

Kebutuhan Warga, Wanedi: Tiap Kelurahan Harus Punya Ambulans

Menawan mencanangkan 1 kelurahan 1 ambulans. (Istimewa)
Menawan mencanangkan 1 kelurahan 1 ambulans. (Istimewa)

MALANGVOICE – Salah satu dari 25 Aksi Menawan yang digagas Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang, Dr Ya’qud Ananda Gudban – H Ahmad Wanedi adalah ‘1 Kelurahan 1 Ambulas dan Peningkatan Posyandu Lansia’. Program ini dirasa amat penting untuk Kota Malang ke depan.

Hal tersebut menjadi solusi atas banyak keluhan masyarakat. Ahmad Wanedi mengatakan, program ini cukup penting, karena berkaitan dengan sarana dan prasarana bagi masyarakat untuk sampai di rumah sakit atau Puskesmas terdekat.

“Hasil kami turun ke masyarakat, utamanya di kawasan padat penduduk dan jauh dari jalan raya, transportasi seperti ambulans ini cukup krusial. Harga sewa ambulans di rumah sakit cukup mahal dan memberatkan masyarakat,” kata Wanedi.

Data Dinas Kesehatan Kota Malang, jumlah ambulans yang dimiliki oleh pemerintah saat ini sebanyak 34 unit. “Jumlah ini tentunya masih kurang ideal jika dibanding dengan jumlah masyarakat Kota Malang,” tukasnya.

Di daerah lain, Kabupaten Purwakarta misalnya, yang memiliki jumlah penduduk 932.701 jiwa, memiliki jumlah ambulans yang siap melayani warga sebanyak 120 unit. Sedangkan Kota Malang dengan jumlah penduduk sekitar 895 ribu jiwa masih memiliki ambulans sebanyak 34 unit.

“Kondisi sarana kesehatan berupa ambulans dengan jumlah penduduk ini tentunya perlu ada solusi bersama,” imbuhnya.

Penambahan 1 unit ambulans untuk 1 kelurahan, lanjut Wanedi, berbasis pada kebutuhan masyarakat. Dia juga sudah merancang bagaimana ambulans ini bekerja dengan kemampuan teknologi sehingga lahirlah ambulans online yang setiap saat 24 jam siap melayani masyarakat.

“Termasuk peningkatan pelayanan bagi kaum lansia perlu kita perhatikan dengan baik,” pungkasnya.(Coi/Aka)