Kebut Penataan Lahan Jalan Baru Gunung Banyak Rp 200 Juta

Akses baru menuju Wisata Paralayang Gunung Banyak Kota Batu mulai digarap. (Aziz Ramadani/MVoice)
Akses baru menuju Wisata Paralayang Gunung Banyak Kota Batu mulai digarap. (Aziz Ramadani/MVoice)

MALANGVOICE – Akses jalan baru menuju wisata Paralayang, Gunung Banyak, Kelurahan Songgokerto, tak lama lagi tuntas. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Pemkot Batu telah merampungkab tahap penataan lahan.

Akses baru tujuannya tidak lain mempermudah dan mempercepat wisatawan menuju wisata Paralayang Gunung Banyak dari Kota Batu. Jalan ini kurang lebih 500 meter panjangnya, dan lebarnya 7 meter. Jalan ini melewati Dusun Songgoriti-Klemuk-Grand Pujon View-akses baru (wilayah Perhutani)-loket Paralayang.

Kepala Bidang Bina Marga (DPUPR) Kota Batu, Alfi Nurhidayat mengatakan rencananya penataan lahan ini akan selesai pada akhir bulan Juli ini.

BNN Kota Malang

“Tahun ini masih sampai tahap penataan lahan saja. Tetapi nanti kita buka khusus digunakan roda dua saja,” kata Alfi kepada MVoice, Selasa (17/7).

Jika penataan lahan tuntas, lanjut Alfi, selanjutnya dipasang papan penunjuk jalan. Namun, menurutnya, baru sepeda motor saja yang boleh melintasi jalan tersebut. Sedangkan untuk anggaran yang digunakan penataan lahan ini mencapai Rp 200 juta.

“Tahapan selanjutnya pengerasan dan sebagainya bisa dilakukan tahun 2019 mendatang,” sambung dia.

Perlu diketahui, jalan menuju wisata Paralayang Gunung Banyak hanya dapat diakses harus memutar terlebih dahulu melewati Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Jalannya pun tidak layak. Banyak lubang dan sempit. Untuk kendaraan roda empat harua bergantian masuk. Padahal wisata ini ramai wisatawan yang berkunjung.(Der/Aka)