Karantina Covid-19, Pemerintah Siapkan Tiga Pulau Khusus

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy (tengah). (Istimewa)
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy (tengah). (Istimewa)

MALANGVOICE – Pemerintah berkomitmen mencegah penyebaran Coronavirus di Indonesia. Salah satunya menyiapkan pulau karantina untuk penanggulangan virus dari Wuhan itu.

Menko PMK RI, Muhadjir Effendy, mengatakan, ada tiga pulau yang dimaksud. Ketiganya adalah Pulau Natuna, Pulau Sebaru, dan Pulau Galang. Tempat terakhir adalah pulau yang baru disiapkan untuk karantina di Kepulauan Riau. Di sana, dikatakan Muhadjir sudah ada banyak fasilitas.

“Di Pulau Galang kita siapkan dan itu bukan kita bangun itu tinggal rehab saja. Dulu itu adalah tempat pengungsian dari warga Vietnam, jadi tinggal diperbaiki saja,” katanya saat berkunjung ke Malang, Jumat (6/3).

BNN Kota Malang

Meski bukan sebagai tempat karantina utama, Pulau Galang bisa menjadi cadangan penanganan virus. Meski begitu, pemerintah tetap berupaya membuat rumah sakit yang sesuai standar untuk menangani Covid-19.

“Pulau Galang kami siapkan untuk proses evakuasi, observasi dan karantina. Untuk mengantisipasi kalau memang terjadi. Karena wabah ini dalam suasana yang sangat tidak kita inginkan,” ujar mantan Rektor UMM ini.

Dalam waktu dekat, Muhadjir mengatakan Pulau Galang akan siap semua fasilitas sehingga bisa digunakan. Meski begitu ia berharap tidak banyak warga Indonesia yang terjangkit virus Corona.

“Presiden minta dua pekan kedepan sudah siap,” singkatnya.(Der/Aka)