Kapolda Jatim Kukuhkan Polresta Malang Kota

Sertijab Kapolres Malang Kota dipimpin Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan. (Istimewa)
Sertijab Kapolres Malang Kota dipimpin Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan. (Istimewa)

MALANGVOICE – Status Polres Malang Kota naik tipe menjadi Polresta Malang Kota. Pengukuhan perubahan tipe ini dipimpin langsung Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, Kamis (28/11).

Pengukuhan ditandai dengan pelepasan burung dara dan menekan alarm di Polresta Malang Kota. Seluruh Kapolres se Jatim pun turut hadir dalam momen bersejarah tersebut.

BNN Kota Malang

Sebelum dikukuhkan, Kapolda Jatim memimpin sertijab antara pejabat lama, AKBP Dony Alexander kepada AKBP Leonardus Harapantua Simarmata Permata.

Setelah menjadi Kapolres Malang Kota selama tiga bulan, Dony Alexander dipindahtugaskan ke Polres Pasuruan Kota. Sementara AKBP Leonardus Simarmata sebelumnya menjabat Wakapolrestabes Surabaya.

Kapolda Jatim mengatakan, perubahan tipe Polres ini membuat adanya pergantian pemimpin.

“AKBP Dony belum lama menjabat karena perubahan tipe. Beliau harus diganti dengan seniornya, Leonardus Simarmata. InsyaAllah Desember Leonardus naik kombes. Ini adalah momem sangat bersejarah,” kata Kapolda Jatim didampingi Wali Kota Malang, Sutiaji.

Pada tahun ini ada 14 Polres yang mengalami perubahan tipe atau kenaikan kelas. Di Jatim ada dua Polres, yakni Polresta Banyuwangi dan Polresta Malang Kota.

Perubahan tipe Polres ini dijelaskan Luki, melewati banyak aspek dan pertimbangan. Mulai tingkat pelajar yang banyak, pertumbuhan perekonomian, dan kriminalitas.

“Sehingga banyak nilai ini yang harus betul-betul bisa menyesuaikan tantangan. Tanggung jawab anggota juga sangat besar,” tandasnya.(Der/Aka)