Kanit Sabhara Polsek Batu Naik Pangkat, Ternyata karena Ini

AKP Budiyono saat diwawancarai awak media. (Aan)

MALANGVOICE – Hari Senin (01/03/2021) merupakan hari yang bersejarah bagi salah satu anggota Polres Batu. Betapa tidak? Setelah mengabdi selama 38 tahun ia resmi mengalami kenaikan pangkat istimewa dari Iptu menjadi AKP.

Kenaikan pangkat itu diterima oleh Kanit Sabhara Polsek Batu, AKP Budiyono yang sebelumnya menyandang pangkat Iptu. Kenaikan pangkat itu ia dapatkan dengan digelarnya upacara khusus untuk dirinya di halman Mapolres Batu pagi ini.

Kapolres Batu, AKBP Catur C Wibowo mengatakan, capaian ini diberikan dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Misalnya, harus dilakukan dengan dinas selama 38 tahun tanpa cela, tanpa cacat dan sidang pendisiplinan.

“Itu hanya beberapa syarat saja. Masih banyak syarat lainnya yang harus dipenuhi. Jadi tidak mudah bagi seorang anggota Polri mendapatkan pangkat pengabdian atau penghargaan semacam ini,” tutur Catur.

Catur berharap capaian Budiyono dapat memacu dan menjadi pembangkit semangat bagi rekan-rekan Polres Batu lainnya. Menurutnya, capaian Budiyono ini harus menjadi hal yang harus dicontoh bagi anggota yang lain.

“Karena itu upacara pada pagi ini digelar untuk menjadi contoh. Agar, rekan-rekan yang ada di Polres Batu dapat menjaga dinas dan bekerja dengan baik supaya sampai di akhir mendapat kenaikan pangkat. Karena salah satu kunci utama adalah berdinas tanpa adanya cacat atau pernah melakukan pelanggaran atau sidang disiplin,” tukasnya.

Sementara itu Kanit Sabhara Polsek Batu, AKP Budiyono mengatakan bahwa capaian ini dapat ia raih dengan tidak mudah. Ia memulai dinasnya sejak dari Tamtama Bhayangkara II.

“Saya masih jadi anggota Brimob lalu saya sekolah lagi menjadi Bintara reguler, dan yang terakhir sekolah Perwira. Jadi saya melakukan dinas selama 38 tahun tanpa cela. Alhamdulillah terhitung dari tanggal 1 maret 2021 saya dinaikan pangkat menjadi AKP,” ucapnya dengan muka berseri-seri.

Ia mengatakan usaha untuk mendapatkan pangkat ini sederhana namun harus dipegang teguh. Juga tidak tergoda untuk melakukan hal yang melanggar.

“Resep mempertahankan kinerja ini adalah kita dinas sesuai dengan SOP saja. Tidak macam-macam, apa adanya, natural, namun kedisiplinan adalah utama,” tandasnya.(end)

article bottom ad