Kandungan Vitamin Pisang Bisa Atasi Masalah Asam Urat

Buah pisang (istimewa)
Buah pisang (istimewa)

MALANGVOICE – Anda pernah mengalami rasa sakit tiba-tiba pada sendi? Bisa jadi ini merupakan gejala asam urat.

Asam urat merupakan sampah sisa pengolahan makanan oleh tubuh. Dalam dunia medis, penyakit asam urat disebut artritis gout. Penyakit ini timbul saat kadar asam urat tinggi dalam darah.

Kadar asam urat dalam tubuh manusia normalnya adalah 3.6 mg/dl – 8.3 mg/dl. Tapi, bila kadar purin dalam tubuh berada di atas angka normal, maka ginjal tak akan bisa mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh.

BNN Kota Malang

Akibatnya, semakin lama asam urat yang tidak terbuang itu akan menumpuk dan mengeras membentuk kristal pada persendian. Kondisi itulah yang menyebabkan penderita asam urat mengalami nyeri serta pembengkakan pada sendi.

Oleh sebab itu, bagi penderita asam urat harus segera menurunkan kadar asam dalam tubuh sebelum berubah menjadi batu ginjal yang mematikan. Guna mengontrol dan menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, Anda perlu mengatur pola makan yang baik. Salah satunya banyak makan pisang.

Dilansir dari sebuah penelitian tahun 2009 yang dilakukan oleh PubMed Central dalam Archives of Internal Medicine. Disebutkan, pisang memiliki kandungan purin rendah dan vitamin C yang tinggi. Sehingga sangat sehat dikonsumsi setiap hari oleh penderita asam urat.

Diketahui, vitamin C dapat menurunkan risiko penyakit asam urat dan mengurangi efek asam urat di dalam tubuh. Jadi akan sangat baik jika penderita asam urat banyak makan makanan mengandung vitamin C.

Nah, itulah alasan mengapa konsumsi buah pisang sangat baik dan sehat untuk penderita asam urat. Semoga bermanfaat ya!(Hmz/Aka)