Kandang Ayam Milik PT Cio Mas Adi Satwa Ludes Terbakar

Petugas saat melakukan pemadaman kebakaran. (Istimewa)
Article top ad

MALANGVOICE – Kandang ayam milik PT Cio Mas Adi Satwa di Dusun Kedok, Desa Kasri, Bululawang, sekitar pada Rabu Malam (19/6), terbakar.

Kanit Reskrim Polsek Bululawang, Iptu Ronny Margas mengatakan, kandang ayam Farm 1 PT. Cio Mas Adi Satwa pada kandang no.6 dan 7.

“Kami mendapat laporan pukul pukul 23.15 WIB. Segera kami tindak lanjuti dan berkoordinasi dengan petugas Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) untuk upaya pemadaman. Tidak ada korban jiwa maupun cedera dalam peristiwa ini,” ungkapnya.

Untuk penyebab terjadinya kebakaran ini, lanjut Ronny, api diduga muncul dari adanya arus pendek listrik (konsleting) yang terdapat pada kandang.

“Awalnya, sekitar pukul 22.10 WIB, satpam berpatroli masuk melalui kandang 6 mengarah kekandang 7 dan kembalinya melalui kandang 6 dibagian belakang melihat ada kobaran api dikandang 6 sebelah selatan yang berupa kandang 2 lantai yang terbuat dari kayu/bambu kering dengan beralaskan sekam, mengetahui kobaran api yang semakin membesar, satpam tersebut memberitahu karyawan lain yang berada disekitar lokasi dan menghubungi pihak kepolisian,” ungkapnya.

Mendapat laporan tersebut, tambah Ronny, beberapa saat kemudian petugas datang ke lokasi kejadian.

“Dalam kejadian tersebut, kandang dalam keadaan kosong (tidak ada ayam). Petugas PMK dengan dibantu warga berhasil memadamkan sekira pukul 00.30 WIB,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) Kabupaten Malang, Agus Suyoto mengatakan, dalam kejadian ini, pihak menerjunkan tiga unit mobil pemadam kebarakan (Damkar) untuk melakukan pemadaman.

“Kami mengerahkan dua unit damkar dari PBK yang dibantu satu unit damkar dari PG Krebet. Banyaknya material yang mudah terbakar dan angin yang cukup kencang agak menyulitkan upaya pemadaman,” pungkasnya. (Hmz/ulm)