Kali ke Tiga Longsor Lagi, Seperti Ini Kondisi Jalan Provinsi Batu-Kediri

Jalan Provinsi Kediri-Batu di Pujon hanya tinggal satu Bahu. (Istimewa)

MALANGVOICE – Di tengah perbaikan plengsengan, Jalan Provinsi Kediri-Batu longsor lagi. Jalan di Dusun Ngeroto, Desa Lebaksari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang itu sudah mengalami longsor sebanyak tiga kali.

Pertama pada 26 Februari lalu, longsor kedua terjadi kemarin Jumat (05/03). Hari ini, Sabtu (06/03) pukul 19.16 WIB kembali terjadi longsor.

Plt. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan mengatakan longsor ini mengakibatkan penutupan total arus lalu lintas. Saat ini hanya tinggal satu bahu jalan saja yang tersisa.

“Longsor ini diakibatkan tanah tergerus dari dalam karena ada aliran sumber air di dalam jalan itu,” jelasnya.

Sadono juga mengatakan banyak kendaraan berat yang memaksa lewat jalan itu. Akibatnya tanah yang dilintasi air tidak kuat menahan beban dan longsor pun terjadi.

“Malam ini kita tutup total. Roda dua juga dilarang lewat meskipun sebenarnya bisa karena kita tidak bisa memperkirakan tingkat bahayanya pada malam hari,” lanjutnya.

Kata Sadono, penutupan ini dilakukan selama 10 hari. Khusus roda dua masih belum ditentukan bisa lewat atau tidak, bergantung kondisi besok pagi.

“Space jalan akibat longsor ini tidak memungkinkan roda empat untuk melintas. Potensi longsor pun dapat terjadi sewaktu-waktu karena air di bawah jalan itu terus menggerus tanah sehingga sangat berbahaya melintasi jalan ini,” tandasnya.(end)

article bottom ad