KADIN Kota Malang Berinovasi Luncurkan E-Pasar

Eddy Wahyono
Ketua Kadin Kota Malang, Eddy Wahyono. (Istimewa)
Article top ad

MALANGVOICE – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Malang luncurkan program baru berupa market digital yang bernama E-Pasar.

Aplikasi ini diluncurkan secara sederhana di Pasar Oro-Oro Dowo, Sabtu (4/7).

Ketua Kadin Kota Malang, Ir Eddy Wahyono, mengatakan, program ini diharapkan pedagang dan konsumen bisa melakukan interaksi secara online. Hal ini sekaligus menerapkan physical distancing mencegah penyebaran Covid-19.

“Dengan melihat kondisi saat ini yang diharuskan untuk menjalankan physical distancing sangat diperlukan program online, sehingga dapat terhindar dari adanya kerumunan di dalam pasar,” katanya.

Aplikasi E-Pasar ini bisa diakses dengan ponsel Android sehingga jangkauannya bisa luas. Saat ini sudah ada 25 pedagang yang terdaftar di aplikasi tersebut, tentunya diharap bisa menambah banyak pedagang lain.

“Program ini diharap bisa digunakan oleh semua pedagang yang ada di pasar-pasar di Kota Malang, supaya para pembeli tidak lagi kesulitan mencari lapak langanannya di pasar konvensional tapi mereka juga dengan mudah dapat menemukannya di pasar digital,” jelasnya.

Wakil Ketua bidang Perdagangan dan distribusi, Kadin Kota Malang, Diky Sulaiman, E-Pasar ini mempermudah penjual dan pembeli bertransaksi. Meski begitu tetap sosialisasi perlu dilakukan. Apalagi, harga di aplikasi sama dengan harga ‘offline’.

“Kami edukasikan kepada pedagang dan calon pembeli tentang penggunaan aplikasi ini,” tandasnya.(der)