Jembatan Kaca KWJ-Tridi Segera Diresmikan

Jembatan Kaca di Kampung Jodipan dalam proses pengecatan (istimewa)
Jembatan Kaca di Kampung Jodipan dalam proses pengecatan (istimewa)

MALANGVOICE – Jembatan kaca penghubung antara Kampung Warna-Warni Jodipan dan Kampung Tridi segera rampung. Vice President Director PT Indana Paint, Steven Antoni Sugiarto, mengatakan, jembatan yang pembangunannya dimulai sejak Mei itu akan diresmikan tanggal 9 Oktober 2017 pekan depan.

Steven menjelaskan, pekan ini hanya proses final pengecatan jembatan saja. Dia berharap hari Jumat pekan ini seluruh proses pengerjaan selesai total sehingga segera dilanjutkan persiapan peresmian.

“Iya diharapkan segera rampung Jumat ini. Rencananya diremikan bapak Menteri Pekerjaan Umum (PU),” kata Steven kepada MVoice beberapa menit lalu via Whatsapp, Selasa (3/10).

BNN Kota Malang

Soal keamanan, Steven memastikan jembatan sepanjang 20 meter dan lebar 1.25 meter itu kuat menahan beban hingga 50 orang dewasa yang berjalan kaki. Bahan utama jembatan adalah baja yang kuat menahan beban para pengunjung nanti.

Jembatan dicor beton sebagai penguat, kaca ada di sela railing sebagai penopang utamanya. Desain dikerjakan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

“Saya harap dengan adanya jembatan ini Kampung Warna Warni dan Tridi lebih banyak pengunjungnya. Jembatan kaca ini juga menjadi tempat wisata baru karena merupakan jembatan kaca pertama di indonesia,” harap Steven.

Untuk diketahui, jembatan kaca dikerjakan dengan dana CSR PT Indana Paint dengan total Rp 1.2 Miliar. Jembatan tersebut menghubungkan Kampung Warna-warni Jodipan dengan Kampung Tridi yang dibelah daerah aliran sungai (DAS) Brantas. Nantinya, pengunjung bisa melintasi jembatan kaca sekaligus melihat ke bawah sungai secara langsung.(Der/Ak)