Jaring Partisipasi, DPUPR Kota Malang Apresiasi Antusias Warga

Petugas DPUPR kerja bersama warga. (Istimewa)
Petugas DPUPR kerja bersama warga. (Istimewa)

MALANGVOICE – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kota Malang gencar menyelaraskan perencanaan teknokratis dengan partisipatif. Langkah ini juga tercermin dalam rangkaian kegiatan pada 25 April dan 29 April 2018.

Kepala DPUPR Kota Malang, Hadi Santoso, menyebutkan, ada beberapa pekerjaan yang telah melalui proses awal. Sedangkan pelaksanaan pekerjaannya dilakukan pafa bulan Mei ini.

“Untuk itu DPUPR pada 25 April kemarin melakukan pertemuan dengan Camat, Lurah dan masyarakat wilayah Kecamatan Sukun. Selain mengalirkan informasi program kerja DPUPR, kami ingin juga menyerap beberapa aspirasi dari bawah (masyarakat),” ungkapnya.

BNN Kota Malang

Pihaknya ingin membangun harmonisasi antara perencanaan secara teknokratis dengan aspirasi (partisipasi) masyarakat. Pria yang akrab disapa Soni itu mengaku mendapat suprise atas respon warga.

Dikatakan, dari pertemuan tersebut tumbuh kesadaran dan pemahaman warga. Kesadaran yang dimaksud adalah, proyek tidak akan membawa hasil maksimal kalau tidak diikuti dengan kesadaran untuk menjaga lingkungan.

“Itu tergambar pada usulan dan kesepakatan untuk melakukan kerja bhakti dengan sasaran bersih bersih gorong gorong dan drainase,” imbuh pria yang juga pecinta olahraga sepeda tersebut.

Ada 3 titik sasaran berdasarkan usulan warga. Titik itu meliputi sepanjang jalan S Supriadi untuk giat tanggal 29 April, daerah Mergan Lori terencana tanggal 4 Mei dan kawasan jalan Raya Langsep untuk tanggal 6 Mei 2018.

“Tidak menutup kemungkinan pola pola seperti dilakukan secara ajeg dan bergantian di kecamatan – kecamatan lainnya,” imbuh Soni lagi.(Coi/Aka)