Jangan Panik! Berikut Tiga Langkah Mudah Terbebas dari Virus

Ilustrasi virus
Ilustrasi virus

MALANGVOICE – Wabah pandemi Covid-19 yang tengah menjadi headline di berbagai berita memang cukup membuat panik seluruh masyarakat di dunia.

Kecemasan terhadap kesehatan diri dan keluarga tentunya menjadi prioritas utama. Tapi, Anda tak perlu panik berlebihan. Berbagai cara sederhana dapat Anda lakukan sebagai langkah pencegahan masuknya virus tersebut.

1. Rutin Mencuci Tangan

BNN Kota Malang

Biasakan Anda dan keluarga untuk rutin mencuci tangan. Sebab, itu merupakan salah satu langkah sederhana dan dinilai ampuh memproteksi diri dari berbagai macam penyakit.

WHO (World Health Organization) bahkan mengimbau warga dunia untuk senantiasa mencuci tangan sesering mungkin. Sebab, langkah tersebut dapat membunuh virus yang ada di tangan agar tidak masuk ke dalam tubuh.

Nah, perlu diketahui mencuci tanganpun tidak asal begitu saja. Berikut cara mencuci tangan yang benar guna menangkal berbagai penyakit.

Awali dengan membasahi tangan dengan air mengalir, tuang sabun tangan secukupnya, gosok telapak tangan yang satu dengan yang lain.

Kemudian, gosok punggung tangan dan sela-sela jari, gosok ibu jari dengan gerakan memutar. Gosok ujung jari ke telapak tangan agar bagian kuku terkena sabun, bilas tangan yang bersabun dengan air mengalir. Keringkan dengan handuk sekali pakai.

2. Tetap di Rumah jika Tubuh Kurang Sehat

Di saat maraknya virus yang mengkhawatirkan seperti ini, sudah saatnya lebih meningkatkan kesehatan diri dan keluarga.

Ketika Anda merasa kurang sehat, entah itu hanya gejala ringan seperti sakit kepala atau flu biasa sebaiknya tetap tinggal di rumah.

Hal tersebut penting, sebab sistem imun yang sedang menurun saat itu daoat menjadi celah masuknya virus lain ke dalam tubuh. Sehingga, Anda rentan terpapar penyakit yang lebih parah saat kondisi tubuh kurang sehat.

3. Lindungi Diri saat Berada di Luar Rumah

Ketika Anda berada di luar rumah, tubuh akan lebih mudah terpapar bakteri dan virus. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk selalu memberikan perlindungan yang diperlukan saat melakukan aktivitas di luar rumah.

Selalu gunakan masker untuk melindungi diri dari paparan virus ketika berada di luar rumah. Selain itu, selalu membawa hand sanitizer untuk membersihkan tangan saat tidak bisa mencuci tangan dengan air dan sabun.

Ya, wabah virus pandemi seperti saat ini memang menyeramkan. Tapi, jika Anda mampu tetap tenang dalam mengambil langkah pencegahan yang efektif. Kemudian proteksi diri dan keluarga pasti tetap terjamin.(Der/Aka)