Jadi Ujung Tombak Pariwisata, Dewanti Inginkan Pramuwisata Bersertifikasi Lokal dan Internasional

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko (Ayun/MVoice)

MALANGVOICE – Pramuwisata adalah salah satu ujung tombak kemajuan pariwisata. Mereka dituntut untuk bisa mempresentasikan obyek wisata dengan lebih komprehensif sehingga mampu menarik wisatawan.

Hal itulah yang melatarbelakangi Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menginginkan agar mereka terfasilitasi. Mulai dari fasilitas pelatihan hingga sertifikasi untuk pramuwisata.

Dewanti pun menginginkan agar sertifikasi itu diberikan tidak hanya tingkat lokal, tetapi hingga internasional. Sebab, sertifikasi pramuwisata ini sangat dibutuhkan bagi mereka.

BNN Kota Malang

“Ya apalagi pariwisata di Kota Batu terus mengalami perkembangan. Dampaknya banyak peluang yang bisa dimanfaatkan pemuda-pemudi di Kota Batu. Misalnya menjadi pramuwisata atau guide,” ujar Dewanti.

Menurutnya, mereka selalu bertemu dan bertatap muka dengan wisatawan, baik dan buruk kepariwisataan ada di tangan mereka. Mereka salah satu ujung tombak pariwisata. Karena itu perlu adanya pembekalan dan pelatihan untuk meningkatkan skill.

“Menjadi pramuwisata pun harus memiliki sertifikasi. Agar mereka ini diakui dan juga untuk mengetahui kemampuan mereka sebagai pramuwisata,” tutup wanita yang akrab disapa Bude itu.

Selain itu, ia juga menginginkan agar pramuwisata di Kota Batu teru meng-update informasi pariwisata melalui media sosial. Karena itu salah satu cara untuk mempromosikan pariwisata di Kota Batu. (Der/Ulm)