Jadi Kapolresta Malang Kota Pertama, Ini yang Bakal Dilakukan AKBP Leonardus Simarmata

Kapolresta Malang Kota AKBP Leonardus Simarmata bersama Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Dony Alexander. (deny rahmawan)
Kapolresta Malang Kota AKBP Leonardus Simarmata bersama Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Dony Alexander. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – AKBP Leonardus Harapantua Simarmata Permata, menjadi Kapolresta Malang Kota pertama sejak dikukuhan pada Kamis (28/11).

Sebelum menjabat di Kota Malang, Leonaedus menjadi Wakapolrestabes Surabaya. Ia juga pernah menjadi Kapolres Batu. Dengan pengalamannya di Batu, Leonardus tak perlu lama lagi beradaptasi di Malang.

Leonardus mengatakan, langkah awal di masa kepemimpinannya adalah melanjutkan program pejabat lama dan memperkuat sinergitas di segala lini.

BNN Kota Malang

“Sinergitas harus tetap dilanjutkan,” katanya.

Menurut polisi lulusan Akpol 1997 ini, Kota Malang mempunyai karakteristik tersendiri. Banyak destinasi wisata membuat Malang sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Oleh karena itu, sasaran Leo selanjutnya adalah menjamin rasa aman dan nyaman siapa saja yang berkunjung ke Malang. “Kami siap berikan rasa aman ke masyarakat,” jelasnya.

Program lain, kata Leo, adalah penanganan masalah narkoba. Diketahui ada ratusan perguruan tinggi tersebar di Malang. Tentu hal itu juga membawa banyak sekali mahasiswa yang menempuh pendidikan. Banyaknya mahasiswa ini jadi ladang sendiri bagi oknum pengedar narkoba. Karena itu, polisi kelahiran Pangkalanbrandan, Sumatera Utara ini siap memerangi narkoba.

“Penegakan hukum jadi kewajiban kita. Tak hanya itu, tapi bagaimana strategi pencegahan juga, biaa dimulai dari bniversitas dan rumah. Kami akan kerja sama dengan BNN Kota Malang,” tandasnya.

Diketahui AKBP Leonardus Simarmata menggantikan pejabat lama, AKBP Dony Alexander. Proses serah terima jabatan dipimpin langsung Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan. Pergantian ini dilakukan karena sesuai peraturan di kepolisian, jabatan bagi pimpinan Polresta harus berpangkat Kombespol. Leo sendiri akan naik pangkat pada Desember mendatang. (Der/Ulm)