IUWAS-LH Batu Bangun 25 Sumur Resapan

Hari Santoso. (fathul/malangvoice)

MALANGVOICE – Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene (IUWAS) bersama Kantor Lingkungan Hidup Kota Batu, membangun 25 sumur resapan di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Batu, Hari Santoso mengatakan, kalau pembangunan sumur resapan ini merupakan upaya untuk tetap menyediakan air tanah. Karena kondisi saat ini, banyak sumber air yang berkurang volumenya.

“Kita bangun juga di SDN 2 Tulungrejo 3 sumur resapan, satu di halaman belakang, dan dua di halaman depan. Sementara sisanya kita bangun di rumah-rumah warga dan sekitarnya sebagai penyedia air tanah,” jelas Hari.

BNN Kota Malang

Dikatakan, pembangunan sumur resapan ini adalah rencana jangka panjang yang akan menjadi salah satu cara Kota Batu menghadapi penyusutan sumber air. Sebagaimana yang pernah diberitakan, sumur resapan adalah teknik terbaik saat ini untyk mengembalikan dan menjaga air tanah.

“Kita sedang merencanakan tempat lainnya, Insya Allah ratusan sumur resapan akan kita bangun di berbagai tempat. Jadi tahun-tahun mendatang, kami berharap tidak ada laporan sumber air kering atau menyusut,” tegasnya.-