Islamic Center Bakal Dilengkapi Museum Alquran

Wali Kota Malang Sutiaji. (Aziz Ramadani /MVoice)
Wali Kota Malang Sutiaji. (Aziz Ramadani /MVoice)

MALANGVOICE – Pemkot Malang tengah menggodok fasilitas baru yang bakal melengkapi rencana pembangunan Islamic Center. Teranyar diwacanakan ada Museum Alquran di proyek yang menelan anggaran Rp 46 miliar tersebut.

Wali Kota Malang, Sutiaji, mengatakan, idealnya Islamic Center harus didesain semenarik mungkin. Tujuannya, agar memiliki nilai tersendiri dan mampu menyedot perhatian masyarakat, khususnya wisatawan.

“Harus ada yg menarik. Museum Alquran bakal jadi daya tarik tersendiri, ” kata Sutiaji beberapa waktu lalu.

Penggarapan konsep, lanjut dia, bakal berkolaborasi dengan Dubai UAE (United Arab Emirates). Bahkan wacananya ada Alqur’an empat dimensi yang menghiasi koleksi museum di Islamic Center.

“Iya nanti kerjasama dengan Dubai,” sambung pria berkacamata ini.

Namun, Sutiaji menampik jika Islamic Center mengganti total site plan. Menurutnya, hanya akan dilakukan desain ulang terkait keberadaan Museum Alqur’an.

“Tidak ganti site plan, tapi desain ulang, ” jelasnya.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko menambahkan, adanya Museum Alquran tujuannya tidak lain semakin menambah khazanah misi Pemerintah Kota Malang, yakni Wisata Halal atau halal tourism.

“Selain itu agar konsep pembangunan tidak sekadar bangun tapi yang berkarakter. Karena kalau tidak ada karakter dikhawatirkan nanti mangkrak,” pungkas politisi Golkar ini.(Der/Aka)