Ini Dampak Buruk jika Berlebihan Makan Mangga

Makan mangga berlebihan berisiko kegemukan hingga kanker.(amazon)
Makan mangga berlebihan berisiko kegemukan hingga kanker.(amazon)

MALANGVOICE – Buah mangga nampak dijual dimana-mana. Selain manis dan enak, buah ini memang kaya vitamin C dan menjaga kadar kolestrol. Pantas saja banyak orang menyukainya. Tapi waspadalah, karena makan buah mangga terlalu banyak punya dampak buruk untuk kesehatan. MVoice sudah merangkumnya dari laman Boldsky dan Healthline, Senin (18/11).

1. Kegemukan

Kalori normal mengonsumsi satu mangga matang berukuran sedang yaitu 135 kalori. Bila mengonsumsi mangga 30 menit sebelum sesi latihan, ini benar-benar bermanfaat, karena akan memberi kita jumlah energi yang dibutuhkan untuk sesi latihan yang berat. Jangan mengonsumsi mangga dalam bentuk jus karena akan mengurangi manfaat serat mangga. Apalagi jika jus itu ditambahkan gula pula.

2. Potensi Karsinogenik

Beberapa pedagang mangga menggunakan kalsium karbida untuk membuat mangga matang lebih cepat. Zat ini bisa menyebabkan masalah kesehatan dan berpotensi karsinogenik. Efek buruk kalsium karbida dapat mencakup sensasi kesemutan, mati rasa, dan neuropati perifer.

3. Masalah Perut

Konsumsi mangga berlebihan, terutama mangga mentah, bisa menjadi penyebab masalah gastrointestinal seperti gangguan pencernaan. Selain itu, infeksi Salmonella Serotipe Newport (SN) dilaporkan di Amerika Serikat selama tahun 1999 dan dilaporkan mangga segar menjadi penyebab samonellasis. Tujuh puluh delapan pasien dari 13 negara bagian terinfeksi dengan wabah strain. Lima belas pasien dirawat di rumah sakit, 2 meninggal. Di antara 28 pasien yang terdaftar, 50% melaporkan bahwa mereka makan mangga lima hari sebelum terserang penyakit.

4. Risiko reaksi alergi

Ada beberapa alergi yang berhubungan dengan makan mangga, yang sering muncul pada mereka yang sensitif terhadap buah. Gejalanya bisa bervariasi dari mata berair, pilek, masalah pernapasan, sakit perut, bersin, bahkan shock dalam kasus ekstrim.

Jika Anda suka mangga, konsumsilah dalam porsi normal tidak berlebihan. Selamat makan mangga!Der/Aka