Ingin Hati Sehat? Berikut Makanan dan Minuman yang Seharusnya Dihindari

Ilustrasi organ hati manusia
Ilustrasi organ hati manusia

MALANGVOICE – Hati atau Liver merupakan salah satu organ tubuh yang paling sibuk setiap hari. Hati berfungsi menyaring racun dan membuat enzim.

Hati bekerja sepanjang hari untuk memastikan tubuh kita mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan serta menjaganya dari racun. Selain itu juga menyaring udara ketika kita bernapas.

Sementara, ketika hati tidak bekerja dengan baik mungkin tubuh akan merasa lemah, murung, dan kembung. Dalam beberapa kasus bahkan menjadi lebih sering lapar.

BNN Kota Malang

Nah, untuk membantu menjaga hati tetap sehat dan bersih ada banyak cara yang dapat dilakukan. Yakni dengan menghindari makanan yang dapat menyebabkan fungsi hati menjadi lemah.

Melansir dari berbagai sumber, berikut MVoice merangkum makanan yang sebaiknya dihindari dikarenakan menimbulkan masalah pada liver.

1. Makanan Digoreng

Diketahui, gorengan terutama dari restoran cepat saji memiliki efek negatif terhadap kesehatan hati. Khusunsnya kentang goreng atau ayam goreng renyah isi keju, memiliki efek buruk pada hati mirip dengan hepatitis.

Sebab, kentang goreng merupakan karbohidrat plus lemak. Minyak yang terkandung di dalamnya cukup banyak.

Sementara, spesialis transplantasi hati Dr. Ming V. Lin, mengatakan bila makanan ini menyebabkan naiknya glukosa darah dan dapat meningkatkan timbunan lemak di hati.

Mengonsumsi ini secara berlebihan dapat memiliki efek yang tidak baik pada hati, serta meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik.

Selain itu, makanan yang perlu diwaspadai lainnya yakni seperti goreng-gorengan, roti sandwich, stik mozarella, dan donat.

2. Soda

Selanjutnya yakni soda, sebab di dalamnya banyak mengandung sirup jagung fruktosa tinggi (HFCS). Salah satu zat terburuk yang dapat menimbulkan masalah pada hati kamu. Bahkan jika soda dibuat dengan gula tanpa menggunakan HFCS, itu juga tidak baik untuk hati kamu.

Salah satu fungsi lain yang dilakukan hati yakni mengubah gula menjadi lemak. Terlalu banyak pemanis, hati akan memproduksi lebih banyak lemak. Kelebihan lemak dapat menyebabkan penyakit hati berlemak. Tentunya kndisi ini dapat membahayakan kesehatan.

3. Sodium

Makanan yang mengandung sodium tinggi umumnya berasal dari makanan kalengan seperti sop instan. Dalam jumlah normal sodium membantu mengatur cairan dalam tubuh dari tekanan darah.

Namun, jika terlalu banyak sodium dapat menyebabkan kelebihan cairan dalam hati. Makanan yang mengandung banyak sodium di antaranya yakni daging, keju, pizza, dan kecap.(Der/Aka)