Ikut Festival Reog Nasional dan Grebek Suro di Ponorogo, Wakil Malang Berjaya

Kelompok Reog Sardulo Djoyo unjuk kemampuan di Festival Reog Nasional dan Grebek Suro di Ponorogo. (Disbudpar for MVoice)
Article top ad

MALANGVOICE – Wakil Kota Malang berjaya dalam ajang Festival Reog Nasional dan Grebek Suro di Ponorogo. Ajang yang berlangsung selama beberapa hari ini menempatkan sejumlah kelompok seni asal Kota Malang sebagai jawara.

Pengumuman pemenang berlangsung, Rabu (20/9) semalam. Kelompok Reog Universitas Brawijaya (UB) berhasil menjadi rangking I penyaji terbaik. Selain itu, kelompok Sardulo Djoyo binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, menempati rangking VIII penyaji terbaik.

Prestasi ini semakin lengkap setelah kelompok Reog UB juga membawa pulang gelar penata tari terbaik dan penata musik terbaik. Kepala Disbudpar, Ida Ayu Made Wahyuni, mengapresiasi raihan ini.

Apalagi, event ini merupakan ajang tingkat nasional yang digeber langsung di tanah kelahiran kesenian Reog Ponorogo. Persiapan matang memang sudah digencarkan Disbudpar.

“Persiapan kurang lebih dua pekan, tim kami ini memang telah lama terbentuk, terdiri sekitar 40 orang. Jadi tinggal memoles saja,” kata Dayu, sapaan akrabnya.

Mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) ini menyerukan kepada semua pihak agar mengambil hikmah dari prestasi ini. Dia menambahkan, kesenian Reog saat ini kian berkembang pesat di Kota Malang.

“Pembinaan, pengembangan, pemanfaatan dan pelestariannya, tidak cukup dilakukan oleh Disbudpar saja, tetapi juga pelaku usaha pariwisata, terutama hotel dan restoran,” pungkasnya.(Coi/Yei)