HUT Kota Batu Dapat Kado Rekor Dunia

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat ikut melukis bersama Jupri Abdullah di GOR Gajah Mada Kota Batu, Selasa (20/10/2020).
Article top ad

MALANGVOICE – Hari Ulang Tahun (HUT) ke 19 Kota Batu dapat kado istimewa dengan hadirnya pelukis Jupri Abdullah. Dia melukis abstrak diatas kanvas sepanjang 19 meter serta lebar 3 meter dan sukses memecahkan rekor dunia lukisan abstrak terpanjang di GOR Gajah Mada Kota Batu, Selasa (20/10).

Kegiatan bertajuk “Galang Gemilang” Konser Seni Lukis Abstrak ini merupakan rangkaian Kongres Kebudayaan untuk memperindah Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Batu.

Kegiatan ini merupakan kerja sama Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Pariwisata dengan Dewan Kesenian Kota Batu (DKB). Dengan tujuan pengembangan budaya dengan melibatkan seluruh elemen kesenian dan kebudayaan di Kota Batu.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengapresiasi dan berharap kegiatan tersebut bisa memantik semangat kreativitas pelaku seni muda di Kota Batu. Sehingga bisa menjadi awal baik untuk berkiprah di tingkat dunia..

“Hadirnya Jupri Abdullah ini kami harapkan bisa menjadi titik awal membangkitkan semangat pemuda-pemuda pelaku seni di Kota Batu. Sehingga mereka bisa berkiprah di tingkat nasional hingga internasional,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari agenda Kongres Kebudayaan nantinya pada 28 Oktober 2020.

Dia menyebutkan hasil lukisan dalam kegiatan Konser Seni Lukis Abstrak ini akan dipamerkan dalam kongres kebudayaan di Graha Pancasila Balaikota Among Tani Kota Batu.

“Kegiatan ini juga untuk memetakan pola pengembangan budaya di Kota Batu. Makanya, kami melibatkan seluruh elemen pelaku kesenian dan kebudayaan,” ujarnya.

Sedangkan terkait lukisan sepanjang 19 meter dan sukses memecahkan rekor dunia tersebut. Dia menyebutkan memang diselaraskan dengan usia ke 19 Kota Batu.

Tentunya, kata Arief, dihadirkannya sang pelukis Jupri Abdullah diharapkan memantik semangat pelaku seni muda di Kota Batu. Sehingga diharapkan ada muncul dari pelaku seni muda yang mampu sejajar atau lebih dengannya.

“Kami ingin menggugah para seniman muda agar terinspirasi dengan Jupri ini. Sehingga, kami ingin muncul pelaku seni sejajar dengannya yang berasal dari Kota Batu,” harapnya.

Diketahui, kegiatan ini juga diikuti oleh Forkopimda Kota Batu. Diantaranya Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah, Walikota Batu, Dewanti Rumpoko, Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso, Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi.