Hujan Semalam, Tiga Lokasi Tergenang Air di Kota Batu

Banjir dan plengsengan ambrol di Dusun Binangun Desa Bumiaji, Depan Lapangan Gelora Arjuna Bumiaji. (Foto: BPBD Kota Batu for MVoice)
Banjir dan plengsengan ambrol di Dusun Binangun Desa Bumiaji, Depan Lapangan Gelora Arjuna Bumiaji. (Foto: BPBD Kota Batu for MVoice)

MALANGVOICE – Hujan deras yang terjadi Senin (10/2) malam berdampak di Kota Batu. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu mencatat terjadi tiga kali bencana banjir dengan tiga titik lokasi berbeda.

Diketahui, kejadian pertama di Dusun Binangun Desa Bumiaji, Depan Lapangan Gelora Arjuna Bumiaji. Sebanyak 3 rumah terdampak banjir dan plengsengan teknis berdimensi panjang 15 meter, tinggi 2 meter dan lebar 30 cm ambrol.

Selanjutnya, kejadian kedua di Desa Beji Kecamatan Junrejo. Dalam kejadian ini, hujan yang turun dengan intensitas tinggi menyebabkan sungai meluap ke fasilitas umum karena penyempitan gorong-gorong.

BNN Kota Malang

Kemudian juga terjadi di Jalan Raya Tegalsari Dusun Tegalsari Desa Sumbergondo Kecamatan Bumiaji. Kejadian banjir ini menyebabkan jalan raya sepanjang 50 meter tertutup lumpur dengan ketinggian sekitar 3 cm.

Sementara, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim menjelaskannya kejadian banjir di Bumiaji yang cukup parah. Pasalnya sampai menggenangi tiga rumah.

“Selain plengsengan ambrol. 3 rumah warga yaitu milik Bapak Samadi, Bapak Sugiono dan Ibu Sumani terdampak,” ungkapnya dalam keterangan tertulis.

Meski begitu, Rochim menyebutkan dalam kejadian banjir itu tidak menyebabkan adanya korban. Hanya sedikit mengganggu lalu lintas di tiga lokasi kejadian tersebut.

“Sudah kami lakukan pembersihan material menggunakan alat berat. Sekaligus kami juga bangun plengsengan teknis serta memberikan bantuan pada yang terdampak,” ungkapnya.(Der/Aka)