Hospitaly, Program Web Optimasi Rute ke Rumah Sakit

Tim pencipta Hospitaly. (Istimewa)
Tim pencipta Hospitaly. (Istimewa)

MALANGVOICE – Jalur perjalanan mengantar ke rumah sakit terdekat harus cepat dan tepat karena pasien harus segera mendapat pertolongan. Pengantaran pasien dengan rute yang terbaik adalah salah satu hal yang sangat penting agar pasien dapat segera dapat ditangani.

Sekolompok mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) mencoba memanfaatkan program web dengan Google API sehingga menyediakan informasi tentang rute rumah sakit terdekat dengan mengimplementasikan algortitma shortest path. Program ini dinamakan Hospitaly.

Tampilan program web Hospitaly. (Anja a)
Tampilan program web Hospitaly. (Anja a)

Mereka adalah Dwi Retno Sari (Matematika, 2015), Vina Sherlyana (Matematika, 2015), Rifdian Hamyasa Famhas(Matematika, 2015). Mereka adalah peserta Program Kreativitas Mahasiswa yang dibimbing dosen Matematika UM, Dra Sapti Wahyuningsih MSi.

“Algoritma shortest path merupakan metode dalam ilmu matematika yang digunakan untuk mencari jarak terdekat dari suatu titik asal ke titik tujuan,” kata Dwi, Rabu (30/5).

Dengan adanya program ini, maka diharapkan masyarakat dapat mengakses dengan mudah rute rumah sakit terdekat yang ditampilkan dalam program web ini. Serta dapat meminimalisir penanganan pasien yang terlambat karena kurang mengetahui rute rumah sakit terdekat.(Der/Aka)