Hari Pertama Menjabat Plt Bupati, Sanusi Langsung Tancap Gas

Wabub Malang, HM Sanusi, di hari pertama jabat Plt Bupati. (Toski D)
Wabub Malang, HM Sanusi, di hari pertama jabat Plt Bupati. (Toski D)

MALANGVOICE – Hari pertama menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Malang, H. Muhammad Sanusi langsung tancap gas. Ia memimpin serangkaian agenda, yang dimulai dengan rapat apel harian di halaman Pendopo Agung, pada Rabu (17/10).

Usai apel, Sanusi melanjutkan dengan memimpin rapat koordinasi bersama jajaran organisasi perangkat daerah (OPD), Camat se-Kabupaten Malang dan juga dijadwalkan akan menghadiri agenda Bina Desa di Kecamatan Donomulyo.

“Usai pimpin apel, saya langsung rapat dengan OPD sekitar satu jam di ruang Anusopati. Kami telah diarahkan oleh pak Rendra, kalau terjadi situasi seperti ini pimpinan langsung Wabup, Sekda,” ucapnya.

BNN Kota Malang

Dalam agenda rapat yang dilakukan bersama OPD tersebut, lanjut Sanusi, langkah pertama yang ia lakukan adalah membahas tentang serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018.

“Minggu depan akan kami evaluasi lagi. Pada rapat evaluasi nanti, masing-masing SKPD supaya melaporkan serapannya,” jelasnya.

Ia menambahkan ada beberapa OPD yang serapan APBD-nya belum maksimal, dan hal itu akan dibahas tuntas ipada rapat minggu depan.

“Rapat tadi untuk penguatan di internal, supaya jajaran OPD tetap kompak untum menyelesaikan program-program yang dicanangkan pak Rendra,” terangnya.

Meski tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Plt Bupati Malang cukup terbatas, namun jika ingin mengambil kebijakan strategis, harus berkonsultasi Pemerintah Provinsi rovinsi Jawa Timur.

“Sampai saat ini belum ada kebijakan baru, hanya menjalankan apa yang sudah berjalan. Baru, nanti kalau ada kebijakan baru, itu harus konsultasi ke Bupati, kalau kesana sulit ya ke Gubernur,” pungkasnya.(Hmz/Aka<)/strong>