Pilgub Jatim 2018

Hari Pertama Kampanye, Gus Ipul Borong Produk UMKM di Malang

Gus Ipul saat berada di AUSI Kota Malang. (deny rahmawan)
Gus Ipul saat berada di AUSI Kota Malang. (deny rahmawan)

MALANGVOICE – Calon Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul memanfaatkan hari pertama kampanye di Malang. Salah satu lokasi yang dikunjungi adalah Asosiasi UMKM Samudera Indonesia (AUSI), di Jalan Cengger Ayam, Lowokwaru, Kota Malang.

Gus Ipul bersama rombongan langsung melihat produk UMKM yang ada. AUSI dinilai sangat baik mengembangkan produk UMKM dengan tepat. Selain menggunakan teknologi mumpuni, pengemasan produk juga diperhatikan.

“Paling penting jangan ada bahan pengawet. Ini yang diinginkan pasar,” katanya.

Pasangan Puti Guntur di Pilgub Jatim 2018 ini menambahkan, UMKM mampu meningkatkan ekonomi dengan kontribusi 54 persen pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Sehingga, ia bersama Puti akan terus memaksimalkan peran UMKM di masyarakat.

Gus Ipul saat berada di AUSI Kota Malang. (deny rahmawan)
Gus Ipul saat berada di AUSI Kota Malang. (deny rahmawan)

Karena itu pula, lanjut Gus Ipul, dalam kampanye kali ini ingin mendengar langsung dari masyarakat terkait kendala yang dialami. “Kami sekaligus ingin dapat masukan. Karena ini kekuatan kita bersama,” lanjutnya.

Tak lupa, sebagai bentuk apresiasi terhadap UMKM, Gus Ipul memborong beberapa produk. Antara lain sambal ikan roa dari Gorontalo dan keripik apel khas Malang.

Pembina AUSI, David Rosiano, mengatakan, pihaknya sangat berharap adanya peran aktif pemerintah untuk menunjang produk UMKM. Saat ini ia menargetkan anggota AUSI berjumlah satu juta orang.

“Sekarang ada 4 ribuan anggota kami. Ini bakal terus meningkat dan diharap bisa sampai dengan jumlah tersebut,” tandasnya.(Der/Ery)