Hari Pahlawan, Pemkab Malang Inisiasi Bantu Veteran Lewat Usaha Kecil

Tabur bunga di TMP Prayuda Nirwana. (Istimewa).

MALANGVOICE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang memperingati Hari Pahlawan dengan tabur bunga di TMP Prayuda Nirwana, Kepanjen, Sabtu (10/11).

Wakil Bupati Malang yang juga merupakan Plt Bupati Malang HM Sanusi mengatakan, momentum ini menjadi tonggak bagi generasi muda untuk meneladani para pahlawan dan mengisinya dengan hal bermanfaat. Serta untuk semakin memperkokoh semangat persatuan antar bangsa dan mewujudkan pembangunan secara merata.

BNN Kota Malang

“Selain itu, Pemkab Malang memiliki rencana untuk meningkatkan kesejahteraan para veteran dengan memberi penghasilan tetap melalui pekerjaan ringan, yakni ternak lele,” ujarnya.

Program bantuan bagi veteran ini, lanjut Sanusi, akan menggunakan anggaran APBD dengan pengadaan pakan dan tempat di tahun pertama. Untuk tahun selanjutnya akan dikelola mereka sendiri.

“Sementara ini terobosan bagi veteran masih pengembangan lele. Nanti setelah berjalan, kami juga berencana untuk pengembangan ternak sapi pedaging. Pembiayaan nanti melalui kredit usaha rakyat (KUR) di beberapa bank,” jelasnya.

Program ini merupakan bentuk upaya Pemkab Malang untuk memperkuat persatuan dan kesatuan yang diawali dengan selalu mengenang jasa pahlawan.

“Sebagai Bangsa yang besar selalu mengenang jasa para pahlawan. Untuk itu, diharap semua elemen harus bertekad untuk meneruskan cita-cita pahlawan bangsa dengan melaksanakan pembangunan di segala bidang dengan merata,” tegasnya.

Dalam peringatan upacara dan tabur bunga tersebut juga dihadiri ketua DPRD, Hari Sasongko, Kepala Operator Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Malang, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung dan Dandim 0818 Kab Malang-Batu Letkol Inf Ferry Muzawwad. (Der/Ulm)