Hari Kebangkitan Nasional, Korem 083/Bdj Ingatkan Komitmen Terhadap NKRI

Apel Hari Kebangkitan Nasional. (istimewa)
Apel Hari Kebangkitan Nasional. (istimewa)

MALANGVOICE – Korem 083/Bdj dan jajaran melaksanakan upacara Hari Kebangkitan Nasional 2017 di halaman Makorem 083/Bdj. Bertindak sebagai inspektur upacara, Dandenkesyah 05-04-03 Malang Letkol Ckm dr Krisna Mukti dan selaku Komandan Upacara Kapten Inf Agus Dwi Laksono.

Dalam amanat Menteri Komunikasi dan Informatika yang dibacakan Dandenkesyah 05-04-03 Malang Letkol Ckm dr. Krisna Mukti menyampaikan bahwa salah satu inspirasi yang bisa serap dari berdirinya Boedi Oetomo sebagai sebuah organisasi modern pada tahun 1908, adalah munculnya sumber daya manusia Indonesia yang terdidik, memiliki jiwa nasionalisme kebangsaan, dan memiliki cita-cita mulia untuk melepaskan diri dari penjajahan.

Dengan tampilnya sumber daya manusia yang unggul inilah semangat kebangkitan nasional dimulai. Komitmen terhadap NKRI ini penting mengingat setelah sekian lama berdiri sebagai bangsa, ancaman dan tantangan akan keutuhan NKRI tidak selangkah pun surut.

BNN Kota Malang

Bahkan melalui kemajuan teknologi digital, ancaman radikalisme dan terorisme, misalnya, mendapatkan medium baru untuk penyebaran paham dan praktiknya.
Lebih lanjut disampaikan bahwa memang persoalan pemerataan hampir merupakan masalah semua bangsa. Bahkan negara-negara maju pun berkutat dengan isu kesenjangan yang sama.

Beberapa bahkan mencatatkan indeks yang lebih tinggi, lebih senjang, dibanding Indonesia. Namun untuk mewujudkan pemerataan yang berkeadilan sosial adalah juga menjadi penghormatan terhadap cita-cita para peletak dasar bangunan kebangsaan yang menginginkan tidak ada jurang yang membatasi penyebaran kesejahteraan bagi seluruh penduduk Indonesia.

“Bagi kita, kebangkitan nasional hanya akan berarti jika tidak ada satu anak bangsa pun yang tercecer dari gerbong kebangktan tersebut,” katanya.

Berlatar belakang pemikiran tersebut, maka kiranya tema “Pemerataan Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan sebagai Wujud Kebangkitan Nasional” yang menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2017 ini adalah pesan yang tepat dan seyogyanya tidak hanya tertanam di dalam hati, namun juga segera diwujudkan melalui strategi, kebijakan, dan implementasi dalam pelayanan kita kepada masyarakat dan bangsa.