Mudik Lebaran 2017

Hari Ini Puncak Arus Mudik Penumpang Kereta Api

Suasana Stasiun Kota Baru Malang memasuki puncak arus mudik Lebaran. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Arus mudik Lebaran 2017 bagi penumpang kereta api diperkirakan mencapai puncaknya pada Jumat (23/6) hari ini. Hal tersebut diungkapkan Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko.

Dia menyebut, hari ini jumlah penumpang yang memanfaatkan transportasi kereta api di wilayah Daop 8 sebanyak 32.586 orang. Demi meningkatkan layanan, beragam persiapan telah dilakukan.

“Persiapan sudah kami lakukan baik kondisi pelaksanaan, sarana, maupun fasilitas pelayanan. Di Kota Malang yang sudah dimanfaatkan yaitu loket baru. Ini semata-mata untuk meningkatkan pelayanan,” ungkapnya.

Pelaksanaan angkutan Lebaran sendiri telah dilaksanakan sejak 15 Juni lalu, dan akan berakhir pada arus balik 11 Juli mendatang. Selama 27 hari tersebut, diperkirakan jumlah penumpang di wilayah Daop 8 meningkat 5 persen, jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada 2016 lalu, jumlah penumpang mencapai 791.558 orang, tahun ini diperkirakan sejumlah 832.181. Sementara itu, demi keselamatan penumpang, PT KAI juga selalu menyiapkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) pada titik rawan banjir dan longsor.

“Kami juga melakukan pemeriksaan ekstra di seluruh jalur, serta perondaan di lintasan saat waktu-waktu rawan,” pungkas Gatut.