Gus Lukman Tutup Usia

Gus Lukman Tutup Usia, Bisri Belum Pastikan Lanjutkan Kepemimpinan di Pondok

Kakak almarhum M Bisri bersama para takziah. (Miski)

MALANGVOICE – Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh, KH Lukman Al Karim tutup usia, Jumat (8/9). Almarhum dimakamkan di kompleks pondok. Lantas siapa penerus pengasuh Ponpes Bahrul Maghfiroh?

Mengenai hal itu, kakak almarhum, M Bisri, mengaku, belum dapat memastikan siapa yang akan mengurus pondok ke depannya.

Ditanya kesediaannya melanjutkan kepemimpinan pondok, Bisri mengaku masih mengemban tanggung jawab di birokrasi. Saat ini, M Bisri masih aktif menjabat sebagai Rektor Universitas Brawijaya (UB) Malang.

“Saya masih di birokrasi. Lihat perkembangan ke depannya,” kata dia.

Sejak awal, ia bersama almarhum berbagi peran. Bisri memilih fokus di sektor akademisi, sedangkan adiknya konsen mengurus pondok.

Apalagi, selama ini ia tidak tahu menahu perkembangan di pondok.

“Saya tidak tahu menahu dan memang saya tidak ingin ikut campur sejak dulu. Karena saya dan almarhum sudah berbagi peran,” papar dia.

Meski demikian, ia menaruh kepedulian terhadap adiknya yang kerap bepergian. Ia pun berinisiatif membangun kantor khusus adiknya di komplek Ponpes Bahrul Maghfiroh. Dengan harapan almarhum tidak lagi terus-terusan pergi.

“Supaya almarhum tidak kemana-mana. Biar tamunya saja yang berkunjung. Saya pun berencana tiap sore bisa mampir dan ngobrol panjang dengan almarhum. Tapi almarhum lebih dulu meninggal,” ungkapnya.(Der/Yei)