Green Bean jadi Kopi Andalan UB Forest

Kebun kopi UB Forest. (Lisdya)
Kebun kopi UB Forest. (Lisdya)

MALANGVOICE – Universitas Brawijaya (UB) Forest terus mengembangkan produk kopinya. Salah satu produk andalan adalah Green Bean.

“Green bean paling banyak diminati oleh konsumcn terutama untuk kalangan coffee shop,” ujar Staff Pemasaran UB Forest, Diega Ramadhan kepada awak media, Rabu (11/9).

Diketahui, UB Forest menanam pohon-pohon kopi dengan jenis robusta dan arabika di antara pohon-pohon pinus, tepat di lereng Gunung Arjuno seluas 200 hektare. “Karena ini yang menjadi alasan green bean paling banyak diminati,” ungkapnya.

BNN Kota Malang

Untuk pasarnya, green bean laku di coffe shop di Malang mulai dari yang kecil hingga besar. “Mereka banyak yang ambil dari kami. Mereka memesan mulai dari satu kuintal hingga satu ton per bulan,” imbuhnya.

Banyaknya yang memilih green bean, dikatakan Diega, karena selain untuk stok selama satu tahun ke depan, biji kopi green bean dapat diproses sesuai dengan cita rasa kafe mereka.

Sedangkan untuk pemasaran ke depan, Diega mengatakan jika pihaknya saat ini lebih fokus pada peningkatan panen terutama perbaikan on farm untuk perawatan pohon, peremajaan, pemberian pupuk organik secara rutin dan pembersihaan lahan.

“Sebenarnya sudah banyak yang memesan dari luar kota, tapi sekarang kami lebih fokus dulu ke produksi. Jika sudah naik, baru kami lebarkan sayap ke daera-hdaerah yang lain dan kalau bisa ekspor. Bahkan kami pemah mendapat tawaran ekspor 20 ton green bean dan sementara produksi kami belum sampai segitu dan insyallah kedepan sudah bisa terpenuhi permintaan pasar untuk ekspor,” pungkasnya. (Der/ulm)