Gelar Peningkatan SDM, Disparbud Kabupaten Malang Optimis Kejar Target Wisatawan

Suasana Pelaksanaan pelatihan peningkatan SDM Pariwisata. (Toski D).

MALANGVOICE – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang menggelar kegiatan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata Tahun 2019 di Pan Java Mulyoagung, Kecamatan Dau, Selasa (2/4).

Plt Bupati Malang HM Sanusi menyampaikan, Kabupaten Malang ini dianugerahi kekayaan alam dan kekayaan budaya yang begitu melimpah, karena itu harus dikembangkan sebagai destinasi wisata unggulan.

“Saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang telah menetapkan sektor pariwisata sebagai salah satu dari 3 prioritas utama dalam pembangunan daerah, sebagaimana ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Malang tahun 2016-2021, itu bukanlah sebuah keputusan yang instant,” ungkapnya.

Sanusi berharap, kegiatan wisata dapat mendukung dan memberikan kontribusi bagi yang riil bagi pendapatan daerah dan penggerak sektor ekonomi riil.

‚ÄúDengan dilakukan kegiatan ini, merupakan langkah strategis guna mendorong peningkatan SDM Pariwisata di Kabupaten Malang supaya insan industri pariwisata dapat saling mendukung untuk memajukan pariwisata Kabupaten Malang yang sesuai dengan brand image The Heart of East Java,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal seiring dengan memajukan sektor pariwisata.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan SDM dalam upaya mendukung kemajuan wisata,” ungkapnya.

Sebab, lanjut Made, jika para pelaku usaha memiliki wawasan tentang kepariwisataan dapat meningkatkan citra dan mutu dunia kepariwisataan di Kabupaten Malang.

“Jika SDM yang mumpuni, baik kemampuan, skill, inovasi dan motivasi, serta andal dapat menimbulkan daya tarik tersendiri bagi tempat wisata tersebut,” tandasnya.

    (Der/Aka)