Gelar Bimtek, Kemenlu Kupas Soal Permasalahan WNI di Luar Negeri

Bimtek di Hotel Singhasari. (Istimewa)
Bimtek di Hotel Singhasari. (Istimewa)

MALANGVOICE – Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI) menggelar Bimbingan Teknis (bimtek) mengenai permasalahan WNI di luar negeri bagi pemangku kepentingan di daerah, di Singhasari Resort Hotel, Jalan Raya Beji, Kota Batu, (1-5/10)

Pertemuan tersebut bertujuan memberikan pemahaman dan bimbingan teknis kepada instansi terkait di daerah, khususnya dalam hal penyelesaian penanganan permasalahan WNI terkait pengurusan dan tindak lanjutnya di dalam negeri.

Kemenlu, dalam pelatihan tersebut juga diharapkan dapat menjadi ajang koordinasi yang membuka jalan penguatan jejaring kerja dengan seluruh pemangku kepentingan di daerah, dalam meningkatkan upaya penanganan permasalahan WNI di luar negeri secara lebih cepat dan terarah.

BNN Kota Malang

Perwakilan dari Kementerian Luar Negeri, Jeans Anes, menjelaskan, selain melakukan koordinasi, pertemuan ini juga dijadikan ajang untuk membangun jaringan kerja antar daerah. Tujuannya, berbagi pengalaman dalam hal penanganan permasalahan WNI di luar Negri.

“Banyak aspek dalam permasalahan WNI di Luar Negeri ini yang harus disenergikan dengan para stakeholder atau para pemangku kebijakan yang ada di daerah. Apalagi menyangkut aspek penanganan hukum di Luar Negeri, itu sangat berbeda dengan aspek penanganan hukum di dalam Negeri,” ungkapnya.

Menurutnya, salah satu point dari Nawa Cita adalah aspek perlindungan WNI di Luar Negeri. Aspek ini menurutnya terefleksi dalam empat pilar Kebijakan Luar Negeri Indonesia dimana salah satunya adalah memastikan kehadiran Negara dalam memberikan perlindungan WNI di Luar Negeri.

“Selain melakukan perbaikan pelayanan public di Luar Negeri. Negara juga hadir dengan memberikan bantuan kekonsuleran bagi WNI yang menghadapi permasalahan di luar negeri, baik masalah pidana, perdata, ketenagakerjaan maupun keimigrasian,” pungkasnya.(Hmz/Aka)