Gedung Posmat Popoh Tulungagung Jadi Benteng Penting Penangkal Kejahatan Laut

Penerimaan Posmat Popoh. (istimewa)

MALANGVOICE – Danlanal Malang Kolonel Laut (E) Gendut Sugiono, bertindak sebagai Irup dalam kegiatan upacara penerimaan gedung baru Posmat Popoh dengan Komandan Upacara Kapten Laut (S) Ady Junianto yang menjabat Kaur Binpuan Potmar (Pembinaan Kemampuan Potensi Maritim) Lanal Malang, di di halaman Posmat Popoh Tulungagung, Selasa (16/05).

Dalam amanatnya, Danlanal Malang menyampaikan rasa terimaksih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Syahri Mulyo, selaku Bupati Tulungagung beserta jajarannya yang mendukung tugas-tugas TNI AL khusunya Lanal Malang dalam menjaga kedaulatan dan keamanan perairan Indonesia sekaligus sebagai wujud nyata sinergitas TNI dan pemerintah daerah yang sudah terjalin selama ini.

“Pembangunan gedung Posmat Tulungagung ini sangat penting keberadaannya mengingat kawasan memiliki perairan dan potensi strategis karena dilewati jalur pelayaran kapal niaga,” katanya.

BNN Kota Malang

Ia menambahkan, sumber daya perikanan maupun sumber daya tambang itu perlu ditingkatkan keamanannya karena sangat rawan terhadap pencurian berbagai kekayaan alam.

“Juga dari segi keamanan laut sangat rawan terhadap pelanggaran yang terjadi seperti imigran gelap perdagangan manusia penyelundupan barang-barang dan sebagainya,” ujarnya lagi.

Pada bagian akhir amanatnya, Komandan Lanal Malang berharap bahwa dengan adanya pembangunan gedung Pos pengamat TNI AL Popoh dapat semakin memacu kinerja Lanal Malang serta memberi nilai positif terhadap masyarakat didalam pembangunan serta dapat menggali menjaga potensi maritim yang ada di Kabupaten Tulungagung.