Gaungkan Gerakan Tanam Pohon, Wakil Wali Kota Malang Siapkan 10 Ribu Bibit

Wawali Sofyan Edi Jarwoko menanam pohon pule di kawasan Lapangan Sampo. (Humas Pemkot Malang)
Article top ad

MALANGVOICE – Pemkot Malang menyiapkan sejumlah 10 ribu lebih bibit pohon pule untuk menggerakkan masyarakat peduli kelestarian lingkungan.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi berharap melalui gerakan tanam pohon tersebut, masyarakat dapat belajar mencintai lingkungan. Ia juga mengimbau kegiatan lingkungan dilakukan merata di seluruh wilayah Kota Malang.

“Terlebih, saat ini kita memasuki musim penghujan, sehingga dibutuhkan banyak pohon untuk menjadi resapan air yang dapat menghindarkan kita dari banjir,” kata pria akrab disapa Bung Edi ini.

Ia melanjutkan, bahwa gerakan serupa juga dilakukan pertama kali di lingkungan sekolah, tepatnya SMPN 11. Sehingga, dapat mengedukasi dini untuk melakukan penghijauan. Meskipun saat ini anak-anak masih kegiatan belajar secara daring.

Dipilih bibit pohon pule, lanjut Bung Edi, bukan tanpa sebab. Bahwa selain peneduh, rimbunnya pohon pule juga dipercaya memiliki segudang manfaat.

“Selain sebagai penghijauan, pohon pule juga dipercaya sebagai obat herbal. Katanya mampu menurunkan demam, nanti kalo pohonnya sudah besar harganya juga mahal,” jelasnya.(der)